Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Stasiun Tegalluar Mau ke Bandung Bisa Naik Transportasi Ini

Kompas.com - 19/02/2024, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) berkolaborasi dengan berbagai penyedia jasa angkutan umum untuk menyediakan layanan intermoda di Stasiun Kereta Cepat Whoosh Tegalluar.

Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti mengatakan, hal ini bertujuan untuk membuat Stasiun Tegalluar semakin mudah diakses dan memudahkan penumpang yang ingin menuju ke Kota Bandung.

Layanan yang dimaksud, antara lain Shuttle Damri rute Stasiun Tegalluar-Stasiun Bandung, Bus Summarecon rute Stasiun Tegalluar-Summarecon Mall Bandung, dan Blue Bird yang dapat diakses dari area pick up stasiun.

KCIC mengimbau agar penumpang menggunakan area pick up di stasiun, sehingga dapat terpantau dan dibantu oleh petugas saat naik dan turun kendaraan.

"Seluruh petugas dipastikan selalu berjaga dan siap membantu penumpang yang akan berangkat maupun meninggalkan Stasiun Whoosh," kata Emir, dikutip dari keterangan resmi.

Untuk memudahkan penumpang, KCIC juga telah menyediakan rambu-rambu penunjang menuju layanan intermoda yang tersedia.

Baca juga: Jumlah Penumpang Whoosh Naik 50 Persen pada Libur Panjang

Untuk meningkatkan keamanan penumpang di area stasiun, KCIC juga telah berkolaborasi dengan TNI/Polri serta memperkuat sistem pengamanan melalui pemasangan CCTV.

Saat ini secara total terdapat 1.396 CCTV di sepanjang jalur Kereta Cepat Whoosh dan stasiun sebagai bagian yang terintegrasi dalam sistem pengendalian operasi (OCC).

Patroli juga rutin dilakukan oleh petugas keamanan dari Stasiun Tegalluar hingga ke Stadion GBLA mulai 18.00-22.00 WIB.

Meski melalui berbagai sistem keamanan yang disiagakan, penumpang tetap diminta untuk berhati-hati dan waspada saat menggunakan transportasi umum.

KCIC juga akan berkolaborasi dengan penyedia operator moda transportasi online untuk memberikan ruang tunggu khusus bagi kendaraan online di area drop zone stasiun.

"Jika akan menggunakan moda kendaraan online, pastikan memesan secara resmi melalui aplikasi. Sebelum naik, cek nomor kendaraan dan nama pengemudi sesuai dengan yang tertera di aplikasi," tuntas Emir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com