Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan memastikan pembangunan 47 tower rumah susun (rusun) untuk Apartur Sipil Negara (ASN) dan petugas pertahanan dan keamanan (Hankam) seperti TNI/Polri di Ibu Kota Nusantara (IKN) siap dibangun.

Sejumlah peralatan berat dan pekerja konstruksi saat ini sudah berada di sejumlah titik lokasi untuk menyiapkan proses pembangunan.

"Kami (Kementerian PUPR) memastikan pembangunan Rusun untuk ASN dan petugas Hankam di IKN akan segera dimulai," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam siaran persnya, Sabtu (23/9/2023).

Baca juga: PP Siap Selesaikan 3 Tower Rusun ASN di IKN Sebelum Agustus 2024

 

Iwan menyatakan optimismenya bahwa Kementerian PUPR dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya bisa menjalankan dengan dengan baik pembanguann rusun tersebut sesuai perencanaan yang telah ditetapkan.

Ditjen Perumahan Kementerian PUPR juga telah menerjunkan pegawai dari Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Ibu Kota Nusantara (IKN) Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II untuk mengoordinasikan proses pembangunan di lapangan dan memastikan lahan rusun siap.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR telah melaksanakan Penandatanganan Kontrak Paket Pekerjaan Pembangunan 47 Tower Rusun ASN-Hankam di KIPP IKN pada 25 Agustus 2023 lalu.

Pada kegiatan tersebut, penandatanganan kontrak enam Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan 47 tower Rusun ASN dan Hankam dan 2 Paket Manajemen Konstruksi meliputi Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun Polri dan BIN oleh KSO Adhi-Nindya-Wiratman.

Kedua, Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk.

Baca juga: PP Dapat Jatah Kuota 9 Menara Rusun ASN di IKN

Ketiga, Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun ASN 1 oleh PP-Urban-Jaya Konstruksi KSO.

Keempat, Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun ASN 2 oleh PT Hutama Karya (Persero).

Kelima dan keenam adalah Paket Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun ASN 3 oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk, serta Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rumah Susun ASN 4 oleh Abipraya-Deta, KSO.

Sedangkan untuk 2 Paket Manajemen Konstruksi Pembangunan 47 tower Rumah Susun ASN meliputi pertama Paket Pekerjaan Manajemen Konstruksi Pembangunan Rumah Susun ASN 1-2, oleh PT Wiratman Cipta Manggala Kso PT Pola Teknik Konsultan Dan PT Bangun Sejajar Prima dan kedua Paket Pekerjaan Manajemen Konstruksi Pembangunan Rumah Susun ASN 3-4, oleh PT CEC KSO PT CCM-PT ARETAS.

Untuk dua paket lainnya yaitu Pekerjaan Manajemen Konstruksi Pembangunan Rusun Paspampres, dan Paket Pekerjaan Manajemen Konstruksi Pembangunan Rusun POLRI dan BIN akan segera menyusul pada minggu terakhir September mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com