Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Masuk dan Keluar Jakarta di Km 149 Tol Padaleunyi Dibuka

Kompas.com - 20/04/2023, 10:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division selaku pengelola Ruas Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) melakukan sejumlah langkah untuk antisipasi kemacetan.

Salah satunya yakni mengoperasikan secara fungsional akses masuk ke Jakarta dan keluar dari Jakarta (on dan off ramp) pada Km 149 Ruas Tol Padaleunyi.

“Akses ini sudah mulai dibuka sejak hari ini, Kamis (20/4/2023) sampai dengan Sabtu (29/4/2023) mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB,” ungkap Senior General Manager JMT Regional Division, Widiyatmiko Nursejati.

Baca juga: Selama Lebaran, Ini Gerbang Tol di Cipularang dan Padaleunyi yang Bakal Padat Kendaraan

Namun dikatakan, akses ini hanya dapat dilantasi oleh kendaraan golongan 1 non bus yakni sedan, mobil jip, pick up atau truk kecil.

Pengoperasian fungsional ini dilakukan sebagai upaya peningkatan pelayanan bagi pengguna jalan serta bentuk antisipasi peningkatan volume lalu lintas pada Gerbang Tol (GT) Cileunyi selama Libur Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Dengan dioperasikannya akses fungsional ini, maka bisa menjadi alternatif akses menuju destinasi populer di Jawa Barat, seperti Masjid Al-Jabbar dan stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Selain itu, dapat menjadi rute alternatif menuju Bandung atau Jakarta via Ruas Tol Padaleunyi langsung melalui akses masuk dan keluar Km 149, begitu juga arah sebaliknya.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu mengantisipasi perjalanan dengan memastikan kondisi fisik dan kendaraan prima, kecukupan saldo uang elektronik, serta waktu dan arah perjalanan untuk mengantisipasi kepadatan.

Baca juga: Arus Mudik Tol Jakarta-Semarang, Volume Kendaraan Naik tapi Lajunya Bertambah

Pengemudi diharapkan bisa tetap berhati-hati selama berkendara dan mematuhu  batas kecepatan berkendara di jalan tol.

Hubungi call center 24 jam Jasa Marga di 14080 atau melalui aplikasi Travoy untuk melakukan pembaharuan informasi lalu lintas di jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com