Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Anda Lelah, Ada Hotel di Rest Area Tol Trans-Jawa, Cek di Sini

Kompas.com - 19/04/2023, 20:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan mudik akan sangat melelahkan bila Anda tidak beristirahat sejenak di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).

TIP atau yang lebih dikenal dengan rest area umumnya berada di jalan nasional maupun jalan tol.

Khusus untuk di jalan tol, fasilitas ini memang sudah menjadi suatu keharusan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 28 tahun 2021 tentang Tempat Istirahat Pelayanan pada Jalan Tol.

Tidak sekadar menyiapkan bengkel, SPBU, toilet, atau restoran, dalam aturan itu juga mengatur soal fasilitas inap di rest area yang tercantum dalam Pasal 39.

Nah, bagi yang ingin menginap di hotel rest area, Anda bisa menginap di Kedaton 8 Express yang letaknya di Rest Area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Baca juga: Perhatikan, Ini Titik Rest Area Tol di Jawa yang Berpotensi Padat

Hotel ini diluncurkan oleh PT Puri Sentul Permai di Desa Lambang Sari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat tahun 2022 lalu.

Fasilitas inap ini memiliki 12 tempat tidur dan dilengkapi berbagai fasilitas standar bintang tiga seperti dua ruang pertemuan.

Tamu yang ingin menginap dibatasi maksimal selama 12 jam dengan harga Rp 300.000 per tiga jam.

Adapun nilai investasi pembangunan Hotel Kedaton 8 Express menghabiskan Rp 3 miliar yang menempati lahan bekas bangunan Pizza Hut dan rumah makan di Rest Area Km 19.

Berlomba berebut cuan

Tidak berhenti di Tol Japek, cuan dari bisnis perhotelan yang menggiurkan ini mendorong Puri Sentul Permai atau yang lebih dikenal brand (merek) Hotel Kedaton 8 Hotel, melakukan ekspansi.

Mereka secara resmi menggandeng hotel kenamaan berstandar internasional yaitu Swiss-Belhotel International.

Ini dilakukan untuk melancarkan ekspansi bisnisnya dalam membangun hotel-hotel baru di rest area tol.

Dalam ekspansi ini, Kedaton akan akan menggelontorkan dana investasi senilai Rp 7 miliar-Rp8 miliar untuk setiap pembangunan hotel.

Operational expenditure (opex) atau biaya operasional per hotel diestimasikan sebesar Rp 300 juta per hotel sampai bisa membukukan laba sebagai modal kerja.

Baca juga: Mudik Jakarta-Solo/Yogyakarta via Tol Trans-Jawa, Segini Tarifnya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com