Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Lebaran, Malaysia Gratiskan Tarif Tol, Indonesia Cuma Diskon

Kompas.com - 19/04/2023, 20:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia menggratiskan tarif jalan tol dalam rangka momen Lebaran 2023 melalui program "Tol RAHMAH Gratis".

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim menyampaikan, program bebas tarif tol itu diberlakukan selama empat hari, yakni pada 19 April, 20 April, 21 April, dan 24 April.

Dalam pelaksanaan program ini, melibatkan 33 ruas tol di Malaysia untuk semua golongan kendaraan.

"Upaya ini dapat menekan biaya pembayaran tol bagi masyarakat yang akan mudik untuk merayakan di kampung halamannya masing-masing dan mempermudah perencanaan perjalanan pulangnya," terangnya dikutip dari situs resmi Kantor Perdana Menteri Malaysia, Selasa (18/04/2023).

Baca juga: Diskon Tarif Tol 20 Persen Tak Akan Bikin Jasa Marga Merugi

Membandingkan dengan Indonesia

Kebijakan tarif tol gratis yang diterapkan Pemerintah Malaysia cukup menarik. Apalagi jika dibandingkan dengan yang terjadi di Indonesia.

Pasalnya, kebijakan yang diberlakukan di Indonesia untuk menyambut momen Lebaran baru sebatas diskon tarif tol. Itupun tidak semua ruas tol menerapkannya.

Mengingat hingga Maret 2023, terdapat 70 ruas jalan tol operasi yang dikelola oleh 49 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), dengan panjang total 2.623,51 kilometer.

Dari jumlah tersebut, hanya ada lima ruas tol yang memberlakukan diskon tarif. Rerata diskonnya senilai 20 persen.

Meliputi, Tol Jakarta-Cikampek dengan diskon tarif 20 persen. Berlaku pada 16-17 April dan 27-29 April 2023, dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama menuju GT Kalihurip Utama atau sebaliknya.

Kedua, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan diskon tarif sebesar 20 persen, berlaku pada 16-18 April dan 26-28 April 2023 untuk semua golongan kendaraan.

Ketiga, diskon tarif Tol Kayuagung-Palembang untuk semua golongan kendaraan sebesar 20 persen, berlaku pada 16-18 April dan 27-29 April 2023.

Keempat, Tol Tangerang-Merak dengan potongan tarif tol terjauh sebesar 20 persen pada 16-18 April dan 27-28 April 2023.

Baca juga: Diskon Tarif Tol Selama Lebaran Tergantung Kondisi Keuangan BUJT

Terakhir, diskon tarif Tol Cibitung-Cilincing pada 14-30 April 2023. Untuk Golongan I diskon 15 persen, Golongan II dan III 44 persen, dan Golongan IV dan V 58 persen.

Sebetulnya, Pemerintah melalui Kementerian PUPR telah mendorong adanya kebijakan diskon tarif pada ruas-ruas tol di Indonesia dalam rangka mudik Lebaran.

Kendati demikian, Pemerintah seakan tidak bisa berbuat banyak, karena keputusan mengenai tarif tol ada di tangan para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Sebagaiman pernah disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, bahwa pihaknya tidak bisa mengambil inisiatif mendiskon tarif jalan tol. Sebab, hal itu berkaitan dengan investasi yang dikucurkan oleh BUJT.

"Oh enggak boleh, itu investasi kan, jadi mendistorsi investasi, katanya begitu. Jadi saya tunggu saja, ngojok-ngojoki. Saya enggak akan mengajukan," ujar Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com