Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melalui Satgas RAFI, Pertamina Pastikan Pasokan Energi di Kepri Aman

Kompas.com - 19/04/2023, 18:30 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) memastikan bahwa penyaluran energi tetap aman selama Idul Fitri 1444 H.

"Kami menjamin ketersediaan BBM aman selama Ramadhan dan Idul Fitri di Kepulauan Riau (Kepri). Kami juga telah mengaktifkan Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI)," kata Area Manager Comm Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria kepada Kompas.com melalui telepon, Rabu (19/4/2023).

Satria menjelaskan, pihaknya telah mengaktifkan Satgas RAFI dimulai pada 1 April hingga bulan Mei 2023 mendatang.

Hal ini bertujuan untuk memastikan pasokan dan distribusi energi bagi masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri berjalan aman dan lancar.

Baca juga: Ruas Tol Fungsional Akan Dilengkapi Rest Area Sementara hingga Mobile BBM

Selain itu, lanjutnya, beberapa upaya Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut dalam pengamanan pasokan BBM dan LPG diantaranya meningkatkan stok BBM dan LPG, menambah mobil tangki (dapat berfungsi sebagai SPBU Kantong), dan membentuk posko Satgas RAFI di kantor region.

Kemudian di kantor cabang, TBBM dan Depot LPG serta berkoordinasi dengan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), BPH Migas, Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, dan dinas terkait lainnya.

"Kami menyediakan berbagai fasilitas tambahan atau ekstra selama masa Satgas RAFI ini, diantaranya SPBU Siaga, Agen LPG Siaga, Pertashop Siaga, Motoris (layanan delivery untuk BBM bagi konsumen di lokasi-lokasi padat), SPBU Kantong, dan Posko Siaga yang menyediakan free medical check up sekaligus tempat istirahat," terang Satria.

Perwakilan SAM Retail Kepri Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Reiza Pradipta menambahkan, produk Gasoline (Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) diperkirakan mengalami peningkatan hingga 11 persen dari harian normal menjadi 1.327 KL/hari.

Sementara untuk produk Gasoil (Bio Solar, Dexlite dan Pertamina Dex) juga meningkat sebesar lima persen terhadap sales normal menjadi 395 KL/hari di Kepri.

"Kondisi stok BBM, LPG dan Avtur wilayah Kepri aman. Ketahanan stok Avtur di atas 10 hari sedangkan BBM serta LPG di atas lima hari. Stok ini belum termasuk stok yang akan disalurkan dari kilang dan stok yang sedang berjalan dari kapal tanker," kata Reiza.

Pertamina Patra Niaga juga kembali menyediakan program loyalty bagi pengguna setia Pertamax Series, Dex Series, Bright Gas, Fastron, dan Enduro, serta program berbagi dengan masyarakat seperti berbagi takjil gratis di SPBU, SEBARAN (Semangat Berbagi Baju Lebaran) dan santunan bagi anak yatim.

"Kami memastikan energi yang kami salurkan siap mendampingi kegiatan ibadah dan perjalanan mudik masyarakat mulai dari arus mudik dan arus balik nanti," pungkas Reiza.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com