Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2023, 11:41 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur bakal memiliki sederet infrastruktur yang memfasilitasi para pengguna sepeda.

Sebagaimana pernah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), IKN mengusung konsep smart forest city yang akan memprioritaskan para pejalan kaki, pengguna sepeda, dan transportasi umum.

Di tambah, IKN juga bakal menerapkan konsep 10 minute city. Sehingga sangat ramah bagi pejalan kaki dan bahkan pesepeda.

"Yang senang bersepeda, yang ingin sehat itu juga pindahlah ke IKN," jelas Jokowi saat memberikan sambutan peresmian Kantor DPP Partai Nasdem di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/02/2022) lalu, dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

Diketahui, Pemerintah pun telah merancang beberapa jenis jalur pesepeda yang akan dibangun di IKN.

Baca juga: Ini Rincian Ruas Jaringan Jalan Tol IKN, 4 di Antaranya Kelar 2024

Sebagaimana mengutip informasi dari unggahan akun Instagram resmi Kementerian PUPR, berikut jenis-jenis jalur sepeda di IKN:

  • Jalur Sepeda, diperuntukkan bagi pesepeda yang dipisahkan dari kendaraan bermotor dengan pemisah berupa separator.
  • Jalan Berbagi (shared street), didesain untuk kecepatan rendah dan digunakan bersama oleh pejalan kaki, pesepeda dan lalu lintas kendaraan bermotor.
  • Jalur Sepeda Hijau (Green Promenade), jalur sepeda yang tidak sejajar dengan jalur kendaraan bermotor. Ditempatkan pada tepian lot persil/kavling yang bersinggungan atau berada pada Ruang Terbuka Hijau Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).
  • Jalur Sepeda Tembus (easement), jalur bagi pesepeda yang berfungsi sebagai jalan pintas melewati kavling bangunan.

 

Penulis: Dian Erika Nugraheny | Editor: Dhani Prabowo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com