Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agustus 2023, Tol Kapal Betung Seksi Kramasan-Betung Kelar Konstruksi

Kompas.com - 11/01/2023, 08:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) diharapkan bisa rampung seluruhnya pada tahun 2023.

Saat ini tengah dilakukan penyelesaian konstruksi dari ruas Tol Kapalbetung Seksi 2B dan 3 yang membentang dari Kramasan hingga Betung 69,19 Km.

Mengingat sebelumnya sudah ada ruas Tol Kapal Betung yang beroperasi, yakni Seksi 1 dan 2A dari Kayu Agung hingga Kramasan sepanjang 42,5 Km.

Mengutip informasi resmi dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Selasa (10/01/2023), Seksi 2B Kramasan-Musilindas 24,90 Km saat ini progresnya mencapai 62,96%, dan Seksi 3 Musilindas-Betung 44,29 Km mencapai 39,02%.

Kedua ruas tol tersebut ditargetkan selesai konstruksi seluruhnya pada Agustus 2023 mendatang.

Baca juga: Tol Lingkar Solo Akan Jadi Solo Outer Ring Road, BPJT: Kurangi Beban Traffic Kota

Saat meninjau lokasi beberapa waktu lalu, Kepala BPJT Danang Parikesit mengatakan, Tol Kapal Betung Seksi 2B dan 3 agar dikerjakan dengan mutu konstruksi baik dengan tata kelola yang bagus.

Supaya memberikan hasil yang maksimal dan bisa dimanfaatkan secepat mungkin oleh masyarakat dalam melakukan perjalanan ke Palembang menuju Betung maupun Jambi.

"Mudah-mudahan lancar selama penyelesaian konstruksi dan memberikan manfaat besar kepada masyarakat khususnya bagi peningkatan ekonomi wilayah di Sumatera Selatan," jelas Danang.

Kehadiran Jalan Tol Kapal Betung diperkirakan bisa memangkas waktu tempuh perjalanan 1 jam hingga 1,5 jam dengan kecepatan minimal 80 km/jam daripada sebelumnya bisa 3 jam sampai 4 jam lamanya jika menggunakan jalan non-tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com