Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rincian Ruas Jaringan Jalan Tol IKN, 4 di Antaranya Kelar 2024

Kompas.com - 15/09/2022, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat 9 ruas jaringan Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) sepanjang 75,62 kilometer yang akan dibangun.

Dari 9 ruas tersebut, 4 di antaranya ditargetkan rampung pada tahun 2024, bersamaan dengan pemindahan ibu kota negara tahap pertama.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI, Rabu (14/9/2022).

Meliputi Seksi 3A, 3B, 5A dan 6 dengan rincian, Seksi 3A Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau 13,4 kilometer, dan Seksi 3B Tol IKN Segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung 7,325 kilometer.

Kemudian Seksi 5A Tol IKN Segmen Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang 6,675 kilometer, dan Seksi 6 Tol IKN Segmen Bandara VVIP-Rencana Outer RR KIPP 5,77 kilometer.

Baca juga: Hadi Tjahjanto Pastikan Pengadaan Tanah IKN Akomodasi Hak Masyarakat Adat

Sementara untuk 5 ruas lain yang ditargetkan selesai setelah 2024 antara lain Seksi 1 Tol IKN Segmen Bandara Sepinggan-Tol Balsam 8,35 kilometer, dan Seksi 2 Tol Balsam eksisting 2,89 kilometer.

Selanjutnya Seksi 4A Tol IKN Segmen Simpang Tempadung-Rencana Outer RR KIPP 17,10 kilometer dan Tol IKN Segmen Exit Tol Outer RR KIPP-Rencana Inner RR KIPP 2,10 kilometer.


Sedangkan untuk seksi 5B Tol IKN Segmen Jembatan Pulau Balang-Bandara VVIP 12,01 kilometer masih dikaji.

"Jadi 5B kita sedang usulkan tapi kita enggak yakin. Jadi selama 5B belum ada, kita akan menggunakan jalan eksisting," kata Hedy.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan waktu tempuh dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan menuju IKN hanya 30 menit.

Baca juga: Seluruh Rencana Detail Tata Ruang IKN Ditargetkan Kelar 2022, Ini Daftarnya

"Kita sudah ditargetkan bahwa dari bandara sampai IKN itu setengah jam maksimum oleh Presiden," tambah Hedy

Oleh karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga mencari jalur yang paling memungkinkan, yakni sepanjang 47 kilometer.

"Nanti dari bandara kita akan buat tol khusus ke arah sekitar Manggar, ke arah seksi 5 Balsam, kira-kira sepanjang 7 kilometer. Nanti di sekitar kilometer 10 itu akan keluar langsung menuju ke Simpang Tempadung, melewati Kariangau," rinci Hedy.

Kemudian jalan tol akan lanjut ke arah utara dan menyebrangi selat dengan terowongan bawah laut atau immersed tunnel dan langsung masuk ke sekitar Sumbu Kebangsaan dekat Istana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com