Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2022, 13:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan, waktu tempuh dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) hanya 30 menit.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI pada Rabu (15/9/2022).

"Kita sudah ditargetkan bahwa dari bandara sampai IKN itu setengah jam maksimum oleh Presiden," katanya.

Oleh karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga mencari jalur yang paling memungkinkan, yakni sepanjang 47 kilometer.

"Nanti dari bandara kita akan buat tol khusus ke arah sekitar Manggar, ke arah seksi 5 Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), kira-kira sepanjang 7 kilometer. Nanti di sekitar Km 10 itu akan keluar langsung menuju ke Simpang Tempadung, melewati Kariangau," tambah Hedy.

Baca juga: Daftar Lengkap 20 Jalan Tol Baru yang Beroperasi Tahun 2022

Kemudian jalan tol akan lanjut ke arah utara dan menyebrangi selat dengan terowongan bawah laut atau immersed tunnel dan langsung masuk ke sekitar Sumbu Kebangsaan dekat Istana.

Ditjen Bina Marga juga tengah merencanakan pembangunan Bandara VVIP yang akan disambungkan dengan Sumbu Kebangsaan melalui jalan tol.

Selain itu Bandara VVIP rencananya akan dikoneksikan dengan Balikpapan menggunakan jalur tol melalui Jembatan Pulau Balang.

Untuk diketahui, jaringan Jalan Tol IKN direncanakan akan dibangun dalam 9 ruas dengan total sepanjang 75,62 kilometer.

Pada tahap pertama sampai dengan tahun 2024 ditargetkan terdapat 4 ruas yang rampung yaitu Seksi 3A, 3B, 5A dan 6.

Baca juga: Capai 81 Persen, Ini Kabar Terbaru Pembebasan Lahan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1

Rinciannya, Seksi 3A Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau 13,4 kilometer, Seksi 3B Tol IKN Segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung 7,325 kilometer, Seksi 5A Tol IKN Segmen Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang 6,675 kilometer, dan Seksi 6 Tol IKN Segmen Bandara VVIP-Rencana Outer RR KIPP.

"Jadi 5B (Tol IKN segmen Jembatan Pulau Balang-Bandara VVIP 12,01 kilometer) kita sedang usulkan tapi kita enggak yakin. Jadi selama 5B belum ada, kita akan menggunakan jalan eksisting," tegasnya.

Sementara untuk beberapa ruas tol sisanya diharapkan bisa selesai setelah tahun 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com