Kompas.com - 15/09/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan, waktu tempuh dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) hanya 30 menit.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI pada Rabu (15/9/2022).

"Kita sudah ditargetkan bahwa dari bandara sampai IKN itu setengah jam maksimum oleh Presiden," katanya.

Oleh karena itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga mencari jalur yang paling memungkinkan, yakni sepanjang 47 kilometer.

"Nanti dari bandara kita akan buat tol khusus ke arah sekitar Manggar, ke arah seksi 5 Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), kira-kira sepanjang 7 kilometer. Nanti di sekitar Km 10 itu akan keluar langsung menuju ke Simpang Tempadung, melewati Kariangau," tambah Hedy.

Baca juga: Daftar Lengkap 20 Jalan Tol Baru yang Beroperasi Tahun 2022

Kemudian jalan tol akan lanjut ke arah utara dan menyebrangi selat dengan terowongan bawah laut atau immersed tunnel dan langsung masuk ke sekitar Sumbu Kebangsaan dekat Istana.

Ditjen Bina Marga juga tengah merencanakan pembangunan Bandara VVIP yang akan disambungkan dengan Sumbu Kebangsaan melalui jalan tol.

Selain itu Bandara VVIP rencananya akan dikoneksikan dengan Balikpapan menggunakan jalur tol melalui Jembatan Pulau Balang.

Untuk diketahui, jaringan Jalan Tol IKN direncanakan akan dibangun dalam 9 ruas dengan total sepanjang 75,62 kilometer.

Pada tahap pertama sampai dengan tahun 2024 ditargetkan terdapat 4 ruas yang rampung yaitu Seksi 3A, 3B, 5A dan 6.

Baca juga: Capai 81 Persen, Ini Kabar Terbaru Pembebasan Lahan Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1

Rinciannya, Seksi 3A Tol IKN Segmen Karangjoang-KKT Kariangau 13,4 kilometer, Seksi 3B Tol IKN Segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung 7,325 kilometer, Seksi 5A Tol IKN Segmen Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang 6,675 kilometer, dan Seksi 6 Tol IKN Segmen Bandara VVIP-Rencana Outer RR KIPP.

"Jadi 5B (Tol IKN segmen Jembatan Pulau Balang-Bandara VVIP 12,01 kilometer) kita sedang usulkan tapi kita enggak yakin. Jadi selama 5B belum ada, kita akan menggunakan jalan eksisting," tegasnya.

Sementara untuk beberapa ruas tol sisanya diharapkan bisa selesai setelah tahun 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.