Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hakaaston atau HKA akan mengelola dua ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) terbaru menyusul diversifikasi bisnis sebagai penyedia Jasa Layanan Operasi (JLO).

Kedua ruas JTTS baru yang dimaksud adalah Tol Pekanbaru-Bangkinang (40 kilometer) dan
Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 kilometer).

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko HKA M Izzan Zubair mengatakan, total sudah sepanjang 498,6 kilometer ruas JTTS yang dilayani oleh perusahaan.

“Menyusul kita akan kelola rua ruas JTTS terbaru yakni Tol Pekanbaru-Bangkinang (40 kilometer) dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung (17,6 kilometer). Total sepanjang kurang lebih 498,6 kilometer JTTS yang telah kita layani," ucap Izzan dalam rilis, Kamis (15/9/2022).

Izzan menjabarkan, pada bisnis baru ini, HKA sebagai penyedia JLO di JTTS telah melayani Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 140,4 kilometer.

Baca juga: Hakaaston Incar Pendapatan Rp 3,6 Triliun Tahun 2022

Kemudian, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) sepanjang 189 kilometer, Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) 131 kilometer, Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) membentang 35,8 kilometer, serta dua lokasi rest area di Tol Terpeka.

HKA yang menjadi penyedia manufaktur aspal dan beton untuk kebutuhan JTTS telah melakukan diversifikasi bisnis sebagai penyedia JLO sejak November 2021.

Diversifikasi ini dilakukan perusahaan dalam rangka mengembangkan bisnis eksisting dari core business (bisnis inti) manufaktur konstruksi.

"Sebelumnya, kami telah berkolaborasi dengan Divisi Operasi & Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) PT Hutama Karya (Persero) dengan peralihan layanan operasi jalan tol ruas-ruas JTTS dari penyedia JLO sebelumnya," tambah Izzan.

Dari sisi pelanggan, HKA berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna jalan tol sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang telah ditetapkan oleh Hutama Karya dan regulator terkait.

Sementara dari sisi pemeliharaan jalan tol, perusahaan memastikan untuk terus menjaga keselamatan, serta kenyamanan pengguna jalan tol dengan pemeliharaan melalui produksi hotmix dan beton yang merupakan bisnis inti HKA.

“Melalui diversifikasi bisnis ini, kami berharap dapat menambah portofolio bisnis eksisting yang berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan dan mampu memberikan kontribusi lebih bagi seluruh stakeholder (pemangku kepentingan),” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+