Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trakindo Hadirkan Pembaruan CAT MineStar System di Pertambangan, Ini Fiturnya

Kompas.com - 15/09/2022, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar (CAT) di Indonesia, mendukung para pelaku industri untuk dapat meningkatkan efisiensi dan performa optimal di tengah meningkatnya harga komoditas tambang.

Melalui komitmen menjadi one stop solution di pertambangan pada Mining Indonesia 2022 yang diselenggarakan pada 14-17 September 2022 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Mining Product and Application Manager Trakindo, Kiswanto menjelaskan, komitmen Trakindo mendukung para pelaku industri mewujudkan peningkatan efisiensi kinerja untuk mendapatkan hasil maksimal dengan berbagai macam solusi di pertambangan.

Caranya dengan menghadirkan berbagai inovasi produk alat berat berkualitas, layanan profesional dan andal, serta teknologi canggih, salah satunya adalah Caterpillar MineStar System (MineStar).

"MineStar memberikan laporan real time sehingga memberi kemudahan dalam pengambilan keputusan, meningkatkan kualitas pekerjaan dan keselamatan kerja," ujar Kiswanto dalam rilis pers, Rabu (14/09/2022).

Baca juga: Jadi Juara Nasional, Gunawan Wakili Indonesia di Kompetisi Operator Alat Berat Asia

MineStar dengan berbagai fitur yang ditawarkan dapat menjadi solusi tepat untuk mendorong produktivitas, efisiensi, serta meningkatkan keselamatan kerja di pertambangan.

"Hingga saat ini, jumlah aset yang menggunakan MineStar meningkat 3 kali lipat di pasar pertambangan dari tahun pertama," jelasnya.

MineStar adalah sebuah solusi komprehensif yang mengintegrasikan produk, proses, dan sumber daya manusia.

Mendapatkan laporan yang akurat dan real time mengenai alat berat dan site lebih mudah. Sehingga pengambilan keputusan pun juga semakin cepat, tepat, dan operasional usaha menjadi efektif.

Selain itu, pekerjaan operator juga menjadi lebih akurat dan produktif, serta mengurangi risiko insiden keselamatan.

Adapun kali ini, MineStar hadir dengan berbagai pembaruan fitur teknologi, antara lain fitur Terrain for Drilling adalah panduan presisi yang membantu operator menyelesaikan pola drilling secara akurat dan produktif.

Meningkatkan keselamatan dengan merekam data tentang drilled stratification untuk membantu perencanaan ledakan dan meningkatkan fragmentasi.

Lalu, fitur Command for Dozing berguna untuk meningkatkan keselamatan dan efisiensi dengan memungkinkan operator alat berat jenis dozer bekerja secara remote.

Sehingga terlindung dari kemungkinan bahaya di site serta menghilangkan paparan kebisingan, debu, dan getaran yang berkepanjangan.

Selain keselamatan, fitur Command for Dozing juga memungkinkan satu operator untuk mengontrol beberapa dozer sekaligus, dozing yang lebih konsisten, dan meningkatkan pemanfaatan peralatan dan efisiensi operator sepanjang shift.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com