Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1,38 Juta Penumpang Akan Penuhi Bandara Soekarno-Hatta Saat Nataru

Kompas.com - 19/12/2022, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com -  Ketika memasuki momen liburan Natal dan tahun baru, mulai 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023, PT Angkasa Pura II memprediksi jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta akan mencapai 1,38 juta orang.

Director of Operation Angkasa Pura II Muhamad Wasid menuturkan, hal ini akan menjadikan Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk selama angkutan Nataru.

Sementara itu, dalam periode yang sama, diprediksi sebanyak 10.052 penerbangan yang akan beroperasi.

Muhamad menyampaikan, untuk menyambut momen ini, sejumlah persiapan telah dilakukan oleh pihak Bandara.

Baca juga: 1.000 Pohon Kayu Putih Ditanam di Lahan Bekas Tambang Kawasan Bandara Pangkalpinang

“Persiapan di Bandara Soekarno-Hatta antara lain program penyeimbangan kapasitas terminal, di mana dilakukan perpindahan operasional seluruh penerbangan internasional Lion Air Group dari Terminal 3 ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022 agar setiap terminal dapat optimal,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Bandara Soekarno-Hatta juga membuka lounge umrah temporer di area GCC yang berlokasi dekat dengan Stasiun Kereta Bandara. Hal ini dilakukan guna mendukung Terminal 3 dalam mengakomodir peningkatan penumpang.

 

Lounge umrah dilengkapi VIP room, reguler room, serta berbagai fasilitas seperti mushola, kafe dan kantin, sehingga dapat digunakan biro perjalanan umrah sebagai lokasi meeting point atau ruang tunggu bagi jemaah umrah.

“Lounge umrah GCC dibuka 18 Desember 2022 agar peningkatan penumpang di Terminal 3 saat peak season akhir tahun dapat tertangani dengan baik,” ujar Muhamad Wasid.

Bandara Soekarno-Hatta juga diperkuat Airport Operation Control Center (AOCC) bagi stakeholder untuk mengatur operasional bandara dan penerbangan; Airport Infrastructure Control Center (AICC) untuk memonitor fasilitas bandara; serta Land Transportation Control Center (LTCC) guna memantau transportasi darat.

Sementara itu, Director of Commercial and Service Angkasa Pura II, M. Rizal Pahlevi menuturkan sebagai upaya meningkatkan kepuasan penumpang saat peak season, Bandara Soekarno-Hatta menghadirkan Thematic Decoration dan Thematic Event.

Baca juga: Beres 2023, Ini Progres Proyek Pengendali Banjir Bandara YIA

“Berbagai event disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta yaitu choir, pertunjukan musik, Night Gala Tahun Baru hingga esport competition dan event khusus Hari Ibu pada 22 Desember. Kami ingin penumpang pesawat merasa nyaman saat peak season,” jelas Rizal. .

Di samping itu, untuk menambah kenyamanan penumpang pesawat, AP II juga telah menata desain interior Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan konsep Pintu Gerbang Indonesia di area departure gate domestic dan check-in area domestic.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com