Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Penumpang Pesawat di Libur Nataru Diprediksi Capai 2,54 Juta Orang

Kompas.com - 19/12/2022, 19:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II memperkirakan jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara saat momentum natal 2022 dan tahun baru 2023 akan melesat.

Dalam kurun waktu mulai 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 (H-6 Natal dan H+2 Tahun Baru) diproyeksikan akan ada 2,54 juta penumpang yang  menggunakan moda transportasi udara.

Jumlah tersebut naik 26,36 persen dibandingkan periode sama tahun lalu yakni sebanyak 2,01 juta penumpang.

Sementara itu pergerakan pesawat diprediksi akan naik menjadi 20.349 penerbangan atau meningkat 6,56 persen dari sebelumnya 19.096 penerbangan.

Baca juga: Basuki Pastikan 9 Ruas Tol Siap Difungsikan Buat Nataru, Ini Daftarnya

20 Bandara yang dikelola Angkasa Pura II yakni Bandara Soekarno-Hatta (Banten), Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), Bandara Kualanamu (Medan), Bandara Supadio (Pontianak), Bandara Minangkabau (Padang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru).

Kemudian Bandara Husein Sastranegara (Bandung), Bandara Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Bandara Sultan Thaha (Jambi), Bandara Depati Amir (Pangkal Pinang), dan Bandara Silangit (Tapanuli Utara).

Selanjutnya, Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Banyuwangi (Banyuwangi), Bandara Tjilik Riwut (Palangkaraya), Bandara Radin Inten II (Lampung), Bandara H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Bandara Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Bandara Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

 

“Sesuai instruksi Menteri Perhubungan, Angkasa Pura II memastikan kesiapan 20 bandara dan kita semua berharap penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan sehat," ujar President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Dikatakan, koordinasi dan komunikasi seluruh stakeholder di bandara milik Angkasa Pura II dipastikan berjalan baik dan intensif guna memastikan operasional serta pelayanan yang optimal di tengah peak season.

Baca juga: Beres 2023, Ini Progres Proyek Pengendali Banjir Bandara YIA

Sebagai upaya menjaga koordinasi para stakeholder, Angkasa Pura II Juga mendirikan Posko Monitoring Natal dan Tahun Baru 2022/2023 di 20 bandara mulai hari ini, Senin (19/12/2022) hingga Selasa (3/1/2022).

“Posko juga untuk memonitor data penerbangan real time agar Angkasa Pura apat selalu menjaga aspek keamanan, pelayanan dan kesehatan di tengah pandemi,” jelas Muhammad.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com