Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal-Tahun Baru, Tol Japek II Selatan Beroperasi Gratis

Kompas.com - 18/12/2022, 10:32 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan pada arus balik atau dari Bandung menuju Jakarta tanpa dikenakan tarif.

"Jadi, ini masih tanpa tarif tentu saja fungsional," jelas Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator Yoga Tri Anggara mengatakan hal ini dalam konferensi pers Jasa Marga Siaga Kesiapan Operasional Natal 2022 dan Tahun Baru 2022 di Bekasi, Kamis (15/12/2022).

Akan tetapi, kata Yoga, pengguna akan membayar tarif di Jalan Tol Cipularang atau yang sudah dilaluinya.

"Jadi, itu yang dikenakan pembayaran transaksi gerbang tol (GT) Kutanegara difungsional Japek II Selatan. Jadi, Japek II Selatan gratis, tapi karena pengguna jalan pasti melintasi Cipularang yang belum melakukan pembayaran sehingga pembayarannya di GT Kutanegara, di ruasnya Japek II Selatan," jelas Yoga.

Baca juga: Libur Natal-Tahun Baru dari Bandung ke Jakarta Bisa Lewat Tol Baru Japek II Selatan 

Yoga kembali menegaskan, tarif yang dibayar pengguna jalan tol bukanlah Japek II Selatan, tetapi di ruas Tol Cipularang.

Dikatakan Yoga, Tol Japek II Selatan hanya dilalui oleh kendaraan kecil atau golongan I yang fungsinya untuk mengurai kepadatan di Simpang Susun (SS) Dawuan.

Senada dengan Yoga, Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra mengatakan, Ruas SS Sadang-Kutanegara Tol Japek II Selatan akan dibuka secara situasional dan hanya bisa digunakan oleh kendaraan kecil atau non-bus.

Untuk mekanismenya, pengguna jalan tol dari arah Bandung akan masuk di Km 76 Sadang Tol Cipularang dan keluar setelah melewati Tol Japek II Selatan di Kutanegara.

Pengguna jalan tol hanya memakan waktu tempuh sekitar 10 menit dalam kondisi lalu lintas (lalin) normal saat melewati ruas ini.

Setelah itu, pengguna tol akan masuk ke jalan arteri sepanjang 16 kilometer yang mencakup Jalan Industri 10 kilometer dan Jalan Pantura 6 kilometer menuju kembali ke Tol Japek di Karawang Timur atau Karawang Barat dengan menambah jarak perjalanan sekitar 5 kilometer.

Waktu perjalanan yang dibutuhkan pengendara di jalan arteri menuju Japek di Karawang adalah sekitar 45 menit dengan kondisi lalin normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com