Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tol Japek II Selatan, Dawuan dan Kalihurip Bakal Tak Lagi Macet

Kompas.com - 16/12/2022, 19:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan Ruas Sadang-Kutanegara akan dioperasikan secara situasional pada arus balik masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasamarga Japek Selatan (JSS) Lisye Octaviana mengatakan, pembukaan Ruas Sadang-Kutanegara dilakukan untuk mengurai kemacetan yang biasa terjadi di area Dawuan dan Kalihurip.

"Misal di Dawuan atau di Kalihurip itu ada kepadatan nanti kita akan komunikasi dengan Kepolisian untuk merekomendasikan membuka ruas dan dilalui kendaraan golongan I yang non-bus," papar Lisye di Gerbang Tol (GT) Kutanegara, Jumat (16/12/2022).

Saat ini persiapan ruas tersebut telah mencapai 95 persen dan bisa dioperasikan mulai pekan depan. Adapun prediksi puncak arus balik dari arah Bandung menuju Jakarta terjadi pada tanggal 25 Desember 2022 untuk libur Natal dan 1 Januari 2023 untuk libur Tahun Baru.

Direktur Utama PT JSS Charles Lendra menjelaskan, pengguna jalan tol dari arah Bandung akan masuk di Km 76 Sadang Tol Cipularang dan keluar setelah melewati Tol Japek II Selatan di Kutanegara.

Baca juga: Tol Japek II Selatan Siap Digunakan untuk Kendaraan Golongan I

Pengguna jalan tol hanya memakan waktu tempuh sekitar 10 menit dalam kondisi lalu lintas normal saat melewati jalur alternatif sepanjang 8,5 kilometer ini.

Setelah itu, pengguna tol akan masuk ke jalan arteri sepanjang 16 kilometer yang mencakup Jalan Industri 10 kilometer dan Jalan Pantura 6 kilometer menuju kembali ke Tol Japek di Karawang Timur atau Karawang Barat dengan menambah jarak perjalanan sekitar 5 kilometer. 

Waktu perjalanan yang dibutuhkan pengendara di jalan arteri menuju Japek di Karawang adalah sekitar 45 menit dengan kondisi lalu lintas normal.

"Volume lalu lintas ketika ruas ini dibuka seharian sekitar 2.900 kendaraan, tapi kalau nanti situasional tidak mencapai 2.900," kata Charles dalam kesempatan yang sama.

Karena masih dibuka secara situasional, ruas tol ini tidak akan memungut biaya operasional, sehingga tarif tetap berlaku sama seperti menggunakan jalur non-alternatif.

Sebagai informasi, Ruas Sadang-Kutanegara merupakan bagian Tol Japek II Selatan Seksi 3 Sukabungah-Sadang dengan panjang total 30,6 kilometer.

Kemudian ada Seksi 2 Setu-Sukabungah sepanjang 22,1 kilometer dan Seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com