Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekayasa Lalin Diusulkan Berlaku di Tol Japek dan Cikampek-Palimanan

Kompas.com - 16/12/2022, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengusulkan rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Tol Cikampek-Palimanan pada momentum libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Rekayasa lalin di Tol Japek rencananya dilakukan di KM 48 hingga KM 66, dan KM 70 sampai dengan KM 72.

Sementara di Tol Cikampek-Palimanan berlokasi di KM 72 sampai 88, serta beberapa lokasi Rest Area yakni, KM 86, KM 102, KM 130, serta KM 166.

Operation and Maintenance Group Head Jasa Marga Atika Dara Prahita menegaskan, rekayasa lalin ini sifatnya masih berupa usulan.

"Sesuai usulan kami, berdasarkan data yang kami peroleh, kami mengusulkan rekayasa lalin. Tapi, ini kembali lagi ke diskresi kepolisian," ucap Atika dalam konferensi pers di Bekasi, Kamis (15/12/2022).

Baca juga: Tol Japek II Selatan Difungsikan Saat Nataru, Simak Mekanismenya

Sehingga, usulan Jasa Marga terhadap rekayasa lalin diperlukan, khususnya di lokasi yang menjadi titik kepadatan atau menjadi pusat perhatian.

Jasa Marga juga akan memfungsikan Tol Japek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer dalam momentum itu.

Pengoperasian secara fungsional ini untuk melayani arus lalu lintas (lalin) saat arus balik yakni dari Bandung menuju Jakarta.

Nantinya, masyarakat atau pengguna jalan tol akan masuk di KM 76 Sadang Tol Cipularang dan keluar setelah melewati Tol Japek II Selatan di Kutanegara.

Setelah itu, masuk ke jalan arteri menuju kembali ke Tol Jakarta-Cikampek (Japek) di KM 47 Karawang Barat.

“Jadi, berdasarkan asumsi dan evaluasi kami, ini ada beberapa indikator rekayasa lalu lintas (lalin) yang sudah disampaikan berdasarkan koordinasi dengan pihak kepolisian,” ucap Atika.

Corporate Communication Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menyampaikan, untuk waktu tepatnya akan dioperasikan tol tersebut masih belum bisa dipastikan.

“Untuk waktunya sendiri itu tadi diprediksi periode pada saat arus balik, mungkin 30 Desember. Untuk waktu pastinya tidak bisa disampaikan sekarang, karena sifatnya diskresi kepolisian,” tandas Lisye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com