Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal-Tahun Baru dari Bandung ke Jakarta Bisa Lewat Tol Baru Japek II Selatan 

Kompas.com - 17/12/2022, 06:53 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PURWAKARTA , KOMPAS.com - Momentum mudik masa libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 sudah di depan mata.

Sejumlah infrastruktur telah disiapkan untuk memberikan fasilitas layak kepada masyarakat yang hendak menikmati masa libur singkat akhir tahun ini.

Dari sisi jalan tol, kini masyarakat yang mudik dari Jakarta ke Bandung akan terbantu dengan dioperasikan jalur alternatif di Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan Ruas Sadang-Kutanegara selama arus balik.

Nantinya, ruas jalan sepanjang 8,5 kilometer tersebut akan mengurai kepadatan lalu lintas yang biasanya terjadi di area Dawuan dan Kalihurip serta melancarkan arus balik Bandung-Jakarta.

Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) Charles Lendra mengatakan, Ruas Sadang-Kutanegara akan dibuka secara situasional dan hanya bisa digunakan oleh kendaraan kecil atau non-bus.

"Khusus golongan I, non-bus. Diprioritaskan untuk kendaraan arus balik Natal dan tahun baru nanti, jadi mulai dari arah Bandung menuju Jakarta," jelas Charles di Gerbang Tol (GT) Kutanegara pada Jumat (16/12/2022).

Untuk mekanismenya, pengguna jalan tol dari arah Bandung akan masuk di Km 76 Sadang Tol Cipularang dan keluar setelah melewati Tol Japek II Selatan di Kutanegara.

Pengguna jalan tol hanya memakan waktu tempuh sekitar 10 menit dalam kondisi lalu lintas normal saat melewati ruas ini.

Baca juga: Ada Tol Japek II Selatan, Dawuan dan Kalihurip Bakal Tak Lagi Macet

Setelah itu, pengguna tol akan masuk ke jalan arteri sepanjang 16 kilometer yang mencakup Jalan Industri 10 kilometer dan Jalan Pantura 6 kilometer menuju kembali ke Tol Japek di Karawang Timur atau Karawang Barat dengan menambah jarak perjalanan sekitar 5 kilometer.

Waktu perjalanan yang dibutuhkan pengendara di jalan arteri menuju Japek di Karawang adalah sekitar 45 menit dengan kondisi lalu lintas normal.

"Volume lalu lintas ketika ruas ini dibuka seharian sekitar 2.900 kendaraan, tapi kalau nanti sitiasional tidak mencapai 2.900," imbuh Charles.

Saat ini persiapan ruas tersebut telah mencapai 95 persen dan bisa dioperasikan mulai pekan depan. Adapun prediksi puncak arus balik dari arah Bandung menuju Jakarta terjadi pada tanggal 25 Desember 2022 untuk libur Natal dan 1 Januari 2023 untuk libur tahun baru.

Corporate Communication & Community Development Group Head Lisye Octaviana menambahkan, karena masih beroperasi fungsional maka tidak ada biaya yang diberlakukan untuk ruas ini.

"Tidak ada tarif, ini GT alternatif fungsional jadi belum ada tarif karena sifatnya tarif ketika dinyatakan sudah operasional, layak operasi, dan sudah ada surat dari Kementerian PUPR," papar Lisye.

Sebagai informasi, Ruas Sadang-Kutanegara merupakan bagian dari Tol Japek II Selatan Seksi 3 Sukabungah-Sadang dengan panjang total 30,6 kilometer.

Kemudian, ada Seksi 2 Setu-Sukabungah sepanjang 22,1 kilometer dan Seksi 1 Jatiasih-Setu sepanjang 9,3 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com