Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar TOD Forum di Jepang, MRT Jakarta Kembali Teken MoU Investasi

Kompas.com - 30/11/2022, 15:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait potensi investasi dan kemitraan yang dilaksanakan di Jepang.

MoU ini diteken untuk kerja sama pengembangan kawasan berorientasi transit, termasuk pengembangan lahan dan interkoneksi bangunan.

Selain itu, untuk potensi kerja sama kajian strategis pertumbuhan bisnis dalam kawasan berorientasi transit di Jakarta.

Dalam kunjungan kerja yang dilaksanakan Selasa (29/11/2022)-Kamis (1/12/2022) tersebut, MRT Jakarta akan menggelar TOD Forum yang sebelumnya diselenggarakan di Jakarta.

Melalui dukungan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, MRT Jakarta mempresentasikan berbagai proyek infrastruktur yang sedang dan akan dikembangkan di sepanjang jalur MRT Jakarta.

Baca juga: Raih Skor Tertinggi, MRT Jakarta Jadi Juara Umum DTKJ Awards 2022

"TOD Forum ini merupakan tindak lanjut nyata dari kunjungan Menteri Perhubungan RI dan tim MRT Jakarta yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) pada Juni 2022," jelas Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda) Farchad Mahfud.

Kala itu Menteri Perhubungan mendorong MRT Jakarta untuk dapat menyelenggarakan event yang dapat mewadahi forum investasi, semacam market sounding, kepada calon investor dari Jepang.

"Lebih jauh lagi, kami ingin menunjukkan kepada komunitas internasional bahwa Jakarta, melalui MRT Jakarta, sedang melakukan transformasi Jakarta menjadi TOD, mengubah paradigma yang selama ini dilakukan, yaitu kota yang berbasis kendaraan pribadi," tambahnya.

Di sisi lain, hingga September 2022 sejumlah proyek infrastruktur MRT Jakarta telah berjalan dengan baik.

Terdapat 11 proyek infrastruktur yang tersebar di 5 kawasan berorientasi transit di jalur fase 1 MRT Jakarta, yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Blok M-Sisingamangaraja, Istora, dan Dukuh Atas.

Baca juga: BERITA FOTO: Komponen Temuan Rel Trem Kuno di Proyek MRT

MRT Jakarta sangat berharap kegiatan TOD Forum ini akan mendorong kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan kawasan-kawasan di Jakarta menjadi area yang memberikan kenyamanan dan kualitas hidup yang lebih baik.

Tujuannya adalah untuk memberikan pilihan yang lebih efisien dan efektif bagi warganya dalam bermobilitas dari satu titik ke titik tujuannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com