Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Rest Area di Tol Solo-Yogya dan Gilimanuk-Mengwi Bakal Beda, Ini Bocorannya

Kompas.com - 30/11/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rest area di Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo dan Tol Gilimanuk-Mengwi bakal memiliki konsep yang berbeda dengan lainnya.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit sebagaimana dikutip dari laman resmi BPJT, Rabu (30/11/2022).

Menurut dia, terdapat dua jalan tol baru yang sedang dibangun seperti di Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo dan Tol Gilimanuk-Mengwi di Bali yang rencananya akan dikembangkan konsep rest area yang beda dengan lainnya.

"Nantinya exit tol dari masing-masing jalan tol tersebut dikembangkan menjadi pusat ekonomi baru dengan desa wisata, sehingga pengembangan potensi setiap daerah dan masyarakat setempat," ujar Danang.

Baca juga: Rest Area Tol Cipali Bakal Punya Dua Hotel Digital Juni 2023

Kementerian PUPR terus berupaya mewujudkan kualitas pelayanan yang baik dalam mendukung kenyamanan bagi pengguna jalan tol.

Layanan tersebut harus didukung dengan keberadaan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area yang ada di jalan tol sesuai dengan indikator pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Apalagi telah ditetapkan Peraturan Menteri PUPR No. 28 tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol yang menjadi nilai tambah terhadap sisi kualitas pelayanan di jalan tol dan para tenant.

Danang menjelaskan, Kementerian PUPR bersama-sama bersama Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) juga berupaya memikirkan model bisnis untuk rest area sebagai ruang komersial pada infrastruktur publik yang semakin lebih baik.

Baca juga: Keren! Jalan Tol Cibitung-Cilincing Punya Transit Hub Seluas 40 Hektar

Seperti halnya inovasi pengembangan bisnis kedepan adalalah pengembangan TIP Transit Hub yang dapat diaplikasikan, sehingga bisa langsung terintegrasi antar moda transportasi.

"Contoh yang diterapkan di Jalan Tol Cibitung-Cilincing sekitar 40 hektar lahan untuk pengembangan TIP yang terkoneksi dengan kawasan container dalam memaksimalkan pelayanan kendaraan logistik menuju Pelabuhan," terangnya.

"Kemudian adanya rencana pengembangan TIP ruas tol Jagorawi dan LRT Jabodetabek berdekatan dengan TMII sehingga dapat memberikan nilai tambah yang saling terintegrasi dan berkembang lebih baik," tukas Danang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+