Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Operator LRT Jabodebek, KAI Siapkan Fasilitas Simulasi

Kompas.com - 30/11/2022, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) ditunjuk menjadi operator LRT Jabodebek yang rencananya akan beroperasi pada Juli 2023.

Oleh karena itu, KAI menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan menyediakan sejumlah fasilitas simulasi sebagai sarana pendidikan dan pelatihan.

Dilansir laman resmi KAI, Rabu (30/11/2022), sejumlah fasilitas yang disiapkan meliputi Train Simulator, Simulator Peralatan Pemantauan dan Pengendalian Catu Daya, Simulator Sistem Communication Backbone Network dan Simulator Sistem Train Dispatching.

Simulator-simulator tersebut melengkapi OCC Simulator dan Signalling Maintenance Training Center yang telah ada.

Train Simulator mereplikasi semua peralatan di dalam kabin LRT Jabodebek yang sebenarnya, baik secara bentuk, dimensi, fungsi, operasi dan perilaku sistem.

Selain itu, sistem visual mereplikasi pandangan nyata seperti pengoperasian di lapangan.

Baca juga: Perbaikan Jalan Rusak Imbas Proyek LRT dengan Aspal Panas dan Dingin, Ketahui Bedanya

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman yang sama seperti di kabin LRT Jabodebek yang nantinya akan beroperasi dengan sistem CBTC GoA3.

"Persiapan SDM LRT Jabodebek ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk memberikan pengalaman baru bagi masyarakat untuk bertransportasi di kawasan urban dengan selamat, lancar, dan nyaman," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

KAI pun telah melakukan rekrutmen dengan seleksi ketat untuk pemenuhan SDM LRT Jabodebek guna mendapatkan talenta-talenta unggulan.

Sejumlah formasi telah terisi dengan SDM-SDM pilihan seperti Train Attendant, Penyelia, Pengawas Stasiun dan Pengendali Operasi Kereta Terpusat otomatis, Petugas Pemeriksaan dan Perawatan Prasarana Sarana dan lainnya.

Saat ini, kebutuhan SDM Operasional LRT Jabodebek sudah terpenuhi yakni sejumlah 229 personel.

Baca juga: LRT Jabodebek Bakal Terkoneksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

SDM untuk LRT Jabodebek terus dipersiapkan seiring masih berlangsungnya pembangunan proyek LRT Jabodebek yang saat ini mencapai 87,22 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com