Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Proyek Pembangunan Infrastruktur di Bangkalan, Ada Jalan hingga Rusun

Kompas.com - 25/10/2022, 15:45 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR berkomitmen turut serta mendukung pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, guna mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Ketersediaan infrastruktur menjadi sarana dasar pelayanan kepada masyarakat dalam mendukung perwujudan yang layak, produktif, dan berkelanjutan.

Saat ini pada bidang konektivitas, Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali sedang menangani Jalan Nasional di Pulau Madura sepanjang 324,46 km dengan kondisi mantap 89,28 persen.

Kemudian, jembatan sepanjang 1.848 meter sebanyak 105 buah dengan kondisi mantap 99 persen.

"Kita menyebutnya Lintas Utara mulai dari Bangkalan-Tanjung Bumi-Sotobar-Sumenep sepanjang 147,1 km. Kemudian Lintas Selatan mulai dari Kamal-Bangkalan-Sampang-Pamekasan-Sumenep-Kalianget sepanjang sepanjang 177,36 km," ujar Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Ditjen Bina Marga Akhmad Cahyadi, dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (25/10/2022).

Baca juga: Ini Sederet Upaya Kementerian PUPR Tangani Banjir Jakarta

Sementara itu, Ditjen Sumber Daya Air melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas pada tahun 2023 memprogramkan Pengembangan Pengaman Pantai sea wall di Kabupaten Bangkalan sepanjang 100 meter.

Lalu, Ditjen Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur pada tahun 2022 telah melaksanakan kegiatan revitalisasi dan renovasi sarpras sekolah pascabencana 1 Jawa Timur SDN Labang.

Selain itu, ada kegiatan Infrastruktur Berbasis Masyarakatan (IBM), penyediaan sarana dan prasarana sanitasi di Lembaga Pendidikan Keagamaan, program KOTAKU, dan PISEW.

Baca juga: Inilah 19 Paket Proyek yang Menandai Dimulainya Pembangunan IKN Tahap I

Kemudian, Ditjen Perumahan melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa IV di Kabupaten Bangkalan memiliki dua kegiatan, yaitu Rumah Swadaya dan Rumah Susun (Rusun).

Untuk pembangunan Rumah Swadaya pada tahun 2022 totalnya sebanyak 4.909 unit. Terdiri dari kegiatan reguler sebanyak 2.797 unit dan kegiatan penanganan kemiskinan ekstrem sebanyak 2.112 unit.

Sementara untuk rusun terdapat dua kegiatan di Kabupaten Bangkalan pada tahun 2022, yaitu berupa pembangunan Rusun Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syaikonakholil dan Rusun Pondok Pesantren Al Anwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com