Tiap Hari, Kereta Api di Sumatera Utara Angkut 3.000 Ton Logistik

Kompas.com - 07/10/2022, 10:00 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Dalam rangka memperlancar distribusi barang, PT KAI Divisi Regional (Drive) I Sumatera Utara (Sumut) diketahui telah mengangkut total 3.000 ton logistik setiap hari, dari Belawan maupun Rantauperapat.

Hal tersebut disampaikan Vice President PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara, Yuskal Setiawan dalam acara penutupan perlintasan sebidang tidak resmi di Kelurahan Pekanlabuhan, Kecamatan Medanlabuhan, Kota Medan, Sumut, Rabu (5/10/2022).

Menurut Yuskal, saat ini satu unit kereta api barang sudah bisa mengangkut 32 ton per gerbong. Jumlah muatan tersebut jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan muatan yang bisa dibawa oleh truk. 

Baca juga: 49 Titik Perlintasan Sebidang Jalur Kereta Api Rampung Ditangani

"Kalau sekali narik, kita 18 gerbong, maka sekali tarik, kita bisa angkut logistik 540 ton. Itu satu perjalanan. Kalau kita bandingkan dengan jalan raya, berapa puluh dan ratus truk yang bisa angkut logistik sebanyak itu," ucapnya.

Sampai saat ini, PT KAI Divre 1 Sumut sudah menjalankan enam angkutan kereta api untuk logistik seperti BBM, CPO dan kontainer.

"Ini kalau kita hitung, 6 dikali 500 ton, totalnya sudah 3.000 ton logistik dalam sehari yang kita tarik dari Belawan maupun Rantauperapat. Sesuai arahan Pak Menteri, kita sudah uji coba Pelabuhan Kualatanjung untuk membantu meningkatkan ekonomi masyarakat," jelas Yuskal.

Selain melakukan penutupan perlintasan sebidang tidak resmi di Km 17+2/3 Pekanlabuhan, Sumut, Direktortat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan juga melakukan sosialisasi keselamatan perkeretaapian.

Karena itu, dalam kesempatan tersebut Yuskal juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung keselamatan perjalanan kereta api.

"Mudah-mudahan, pada kesempatan ini, terealisasikan juga kereta api penumpang yang melayani dari Belawan ke Medan karena saat ini masih kereta api barang. Kita juga berharap di tahun ini, sudah bisa ujicoba lagi kereta api penumpang dari Medan menuju Belawan," sambungnya. 

Baca juga: Perlintasan Sebidang Tanggung Jawab Siapa?

Pecahkan rekor MURI

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.