Kompas.com - 06/10/2022, 21:30 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com- Seluas 500 hektar area sekitar Bendungan Tapin di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal dihijaukan.

Hal tersebut disampaikan oleh Satuan Kerja (Satker) Bendungan Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III Selo Bhuwono Kahar.

"Ada rencana berkala, minimal kita bisa tanam pohon di area seluas 500 hektar," kata Selo saat diwawancarai Kompas.com dalam Press Tour Infrastruktur Kalsel pada Kamis (6/10/2022).

Baca juga: Pengembangan Daerah Irigasi Tapin Rampung Akhir Tahun, Ini Rinciannya

Sejak tahun 2021 atau setelah peresmian, telah dilakukan penghijauan tahap pertama. Lokasinya berada di tikungan jalan Bendungan Tapin.

Selanjutnya, pada tahun 2022 penghijauan kembali dilakukan dan berpindah ke arah gapura dan area dekat genangan bendungan.

"Penghijauan pertama itu seribu hektar, 2022 ada dua ribu hektar. Tahun depan (2023) seribu hektar," tambah Selo.

Adapun tanaman yang digunakan adalah tanaman lokal, termasuk bibit cabai, pohon durian, mangga, belimbing yang bisa tumbuh wilayah Tapin. 

Selo melanjutkan, dulunya kawasan Bendungan Tapin adalah kawasan hutan dengan masyarakat populasi yang cukup kecil. 

"Dalam kurun satu atau dua tahun, kita juga gak bisa mengembalikan kondisi lingkungan,  khususnya menggunakan tanaman yang bisa hidup di sini. Rencananya sampai bendungan selesai beroperasi kita terus lakukan penghijauan,"  papar Selo.

Untuk diketahui, Bendungan Tapin berpotensi memberikan air baku dengan kapasitas 500 liter per detik dan potensi irigasi seluas 5.472 hektar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.