Kompas.com - 25/09/2022, 20:00 WIB

 

JAKARTA,KOMPAS.com - Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah panel surya, yang merupakan alat untuk memanen energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik.

Namun pada tahun 2014 lalu, para peneliti di Michigan State University telah mengembangkan panel surya transparan sehingga memungkinkan orang memanen matahari dari jendela

Seperti dikutip dari laman We Forum, penggunaan panel surya tembus pandang secara masal nantinya bukan hanya mimpi semata.

Baca juga: Berapakah Lama Sebuah Panel Surya Dapat Bertahan?

Beberapa perusahaan di Amerika Serikat sudah menggunakannya dan ini memiliki potensi besar untuk membantu memenuhi kebutuhan energi dunia dari sumber terbarukan.

Jendela surya diperkirakan dapat menyediakan 40 persen permintaan energi di Amerika Serikat. Bila dikombinasikan dengan penggunaan panel surya, maka kedua teknologi ini bisa menyediakan 100 persen kebutuhan energi di Amerika.

Karena ada begitu banyak penggunaan kaca dunia terutama di gedung komersil, maka potensi pengembangan produk ini sangat besar.


Terlebih bisa digunakan pada jutaan gedung pencakar langit yang ada di dunia yang mayoritas menggunakan material kaca pada fasadnya. 

Salah satu perusahaan Amerika Serikat yang tengah mengembangkan jendela surya, Ubiquitous Energy mengatakan pihaknya berencana untuk mengubah gedung pencakar langit menjadi peternakan surya vertikal dengan memasang jendela surya.

Perusahaan yang berbasis di California ini berharap bisa mulai memproduksi jendela surya transparan untuk bangunan secara massal pada tahun 2024.

Baca juga: Jangan Salah Kaprah, Ini 5 Mitos Keliru tentang Panel Surya

Di kota-kota dengan banyak bangunan dan ruang terbatas, menyiapkan instalasi panel surya tradisional sulit dilakukan.

Karena itu, kehadiran jendela surya akan menjadi solusi yang tepat jika ingin mengubah gedung menjadi ramah lingkungan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber We Forum


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.