Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Jendela Surya, Pemanen Energi Matahari yang Efisien

Namun pada tahun 2014 lalu, para peneliti di Michigan State University telah mengembangkan panel surya transparan sehingga memungkinkan orang memanen matahari dari jendela

Seperti dikutip dari laman We Forum, penggunaan panel surya tembus pandang secara masal nantinya bukan hanya mimpi semata.

Beberapa perusahaan di Amerika Serikat sudah menggunakannya dan ini memiliki potensi besar untuk membantu memenuhi kebutuhan energi dunia dari sumber terbarukan.

Jendela surya diperkirakan dapat menyediakan 40 persen permintaan energi di Amerika Serikat. Bila dikombinasikan dengan penggunaan panel surya, maka kedua teknologi ini bisa menyediakan 100 persen kebutuhan energi di Amerika.

Karena ada begitu banyak penggunaan kaca dunia terutama di gedung komersil, maka potensi pengembangan produk ini sangat besar.

Salah satu perusahaan Amerika Serikat yang tengah mengembangkan jendela surya, Ubiquitous Energy mengatakan pihaknya berencana untuk mengubah gedung pencakar langit menjadi peternakan surya vertikal dengan memasang jendela surya.

Perusahaan yang berbasis di California ini berharap bisa mulai memproduksi jendela surya transparan untuk bangunan secara massal pada tahun 2024.

Di kota-kota dengan banyak bangunan dan ruang terbatas, menyiapkan instalasi panel surya tradisional sulit dilakukan.

Karena itu, kehadiran jendela surya akan menjadi solusi yang tepat jika ingin mengubah gedung menjadi ramah lingkungan. 

https://www.kompas.com/properti/read/2022/09/25/200000821/mengenal-jendela-surya-pemanen-energi-matahari-yang-efisien

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke