Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2022, 09:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto mengatakan, pembangunan rumah tapak jabatan menteri akan tuntas tahun 2023.

"Pembangunan hunian ini dilaksanakan tahun 2022 karena pertimbangan kesiapan lahan dalam proses pemindahan ibu kota tahap pertama," ujar dia.

Setidaknya, akan dibangun sebanyak 36 unit rumah tapak menteri di ibu kota baru yang berlokasi di Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut.

Rumah jabatan menteri yang disebut juga sebagai Hunian Rumah Negara Khusus ini punya konsep tata massa klaster dengan optimalisasi kondisi lahan.

Tipologi konsep klasternya meliputi tatanan dinamis dengan keterhubungan yang baik dengan alam serta adanya ruang-ruang hijau bebas kendaraan.

Massa bangunan rumah tapak terdiri dari 1-2 lantai, mengikuti ketinggian level. Konsep ini juga memanfaatkan level eksisting untuk view kavling.

Baca juga: Ini Spesifikasi Rumah Jabatan Menteri di IKN, Luas Tanahnya 1.000 Meter Persegi

Ruang komunal dioptimalisasi yang dipisahkan dengan jalur kendaraan di setiap klaster.

Kemudian area hijau sebagai ruang terbuka bersama, terhubung satu sama lain tanpa ada gangguan atau perlintasan kendaraan.

Lokasi rumah jabatan menteri ini berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP)-BWP 1A-West Residence dengan Persil 104 dan 105 dengan total luas lahan 23,94 hektar.

Adapun spesifikasi rumah ini, masing-masing dirancang dengan luas bangunan dan lahan 580/1.000 meter persegi.

Mencakup satu kamar tidur utama, dua kamar tidur anak, satu kamar mandi utama, ruang keluarga, balkon, koridor, foyer kamar utama, dan ruang baju.

Selain itu, terdapat pula ruang makan, ruang kerja, kamar tidur tamu, kamar mandi tamu, dapur kering, area kedinasan, tangga luar, teras, hall of fame, toilet, koridor, tangga utama indoor, dan teras deck belakang.

Fasilitas lainnya adalah garasi dengan kapasitas dua mobil, ruang pompa, kamar tidur sopir, kamar mandi sopir, koridor plus tangga servis, dapur basah, gudang, kamar tidur asisten rumah tangga, kamar mandi asisten rumah tangga, dan ruang cuci serta jemur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com