Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Tua, Lakukan 3 Hal Ini Agar Balkon Rumah Aman Bagi Si Kecil

Kompas.com - 23/08/2022, 20:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Zameen

JAKARTA,KOMPAS.com - Bila Anda tinggal di rumah berlantai dua atau unit apartemen, aspek keamanan pada area balkon tidak boleh dilupakan terutama bagi yang memiliki anak kecil.

Anak-anak secara alami memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga bisa mengeksplorasi tempat-tempat yang tidak terduga.

Meskipun sebagian besar pengembang sudah memberikan perhatian untuk membuat area balkon dan tangga cukup aman bagi anak-anak, namun merupakan tanggung jawab utama orang tua untuk menjaga keselamatan.

Baca juga: 3 Cara Mudah Bikin Balkon Apartemen Anda Lebih Privat

Berikut 3 hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat area balkon rumah Anda lebih aman bagi si kecil seperti dikutip dari Zameen.

Ganti pagar balkon

Pastikan pagar balkon Anda tidak memiliki celah yang lebih lebar dari 10 cm. Selain itu, bila pagar balkon Anda rendah atau mudah didaki, Anda harus menggantinya dengan yang lebih tinggi dan lebih aman.
Misalnya, pagar dari material kabel dan kawat mungkin cukup murah. Namun biasanya ada ruang yang cukup di antara setiap tiang dan mudah dilewati oleh para balita.

Tergantung pada anggaran yang dimiliki, Anda dapat memasang pagar besi tempa atau panggangan logam yang membuat anak tidak mungkin memanjat atau menerobos.

Parapet beton juga merupakan pilihan yang bagus dan ramah anggaran untuk membuat balkon Anda ramah anak.

Pasang jaring pengaman

Memasang jaring pengaman di area balkon adalah cara yang terjangkau untuk melindungi anak-anak dari kecelakan.

Baca juga: Tips Membuat Balkon yang Aman, Kokoh, dan Tahan Cuaca

Karena mengganti pagar balkon memerlukan anggaran yang cukup besar, Anda bisa mencoba menggunakan jaring plastik.

Jaring pengaman memang bukan solusi permanen namun sangat efektif untuk mencegah balita dan anak kecil memanjatnya.

Selain itu, dengan jaring pengaman di area balkon, Anda juga tidak perlu khawatir anak-anak akan melempar mainan mereka melalui celah di pagar balkon.

Singkirkan furnitur di area balkon

Cara termudah untuk membuat balkon Anda aman untuk anak-anak adalah dengan menyingkirkan furnitur di area balkon.

Meskipun Anda kerap menghabiskan waktu bersantai di balkon pada saat-saat tertentu, pastikan untuk membawa semua furnitur yang Anda gunakan ke dalam ruangan setelah selesai memakainya.

Anak-anak biasanya cukup kuat untuk mendorong furnitur ke tepi balkon namun terkadang tidak sadar bisa jatuh dari ketinggian.

Selain itu, Anda juga harus memastikan tidak ada kotak, pot tanaman, atau mainan yang bisa digunakan oleh anak sebagai bangku untuk memanjat pagar balkon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com