Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TMII Harus Tetap Jadi Wisata Rakyat, Jokowi: Tarifnya Jangan Mahal

Kompas.com - 23/08/2022, 17:15 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta progresnya sudah mencapai 98 persen.

Penataan dan revitalisasi sarana prasarana di kawasan TMII utamanya dalam rangka persiapan Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 November mendatang.

Sekaligus meningkatkan pelayanan TMII sebagai destinasi wisata rakyat sejak tahun 1970-an.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, setelah renovasi selesai, TMII diharapakan bisa menjadi tujuan wisata masyarakat domestik dan juga wisatawan mancanegara. 

"Saya pesan tarifnya jangan mahal-mahal, rakyat harus tetap bisa menikmati TMII," ujarnya saat meninjau TMII pada Selasa (23/08/2022), dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Miniatur dan Anjungan IKN Akan Dibangun di TMII

Jokowi juga berpesan kepada para Gubernur agar setiap anjungan daerah diagendakan acara seni budaya atau event secara rutin. Baik itu setiap minggu atau bulan.

"Harus ada calender event yang jelas agar menjadi tontonan yang menarik," tandasnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, penataan kawasan TMII dilakukan agar suasana lebih alami dengan mengadopsi konsep destinasi wisata rakyat.

Renovasi TMII di Jakarta.Dok. Kementerian PUPR Renovasi TMII di Jakarta.
Terdapat tiga destinasi wisata rakyat di Jakarta yakni Ragunan, Ancol, dan TMII.

"Saya pribadi ingin TMII tetap menjadi destinasi wisata rakyat. Masyarakat datang gelar kloso (tikar) makan siang, itu tetap harus ada seperti di tempat wisata Ragunan dan Ancol. Saya juga berharap tarif tidak naik," tutur Basuki.

Baca juga: Tengah Direnovasi, TMII Sudah Berusia Setengah Abad

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menyampaikan kegiatan renovasi TMII dimulai sejak Januari 2022 dengan progres sudah mencapai 98 persen. 

Luas area pekerjaan meliputi penataan bangunan seluas 7,71 hektar dan kawasan seluas 26,56 hektar. 

"Kami juga lakukan perbaikan halaman setiap anjungan provinsi yang sebelumnya terkotak-kotak dengan pagar besi beton, sekarang menjadi menyatu tanpa sekat antar anjungan dengan lanskap hijau yang indah dan tertata," tandas Diana.

Kegiatan renovasi TMII dilaksanakan dalam  3 zona dengan total anggaran sebesar Rp 1,08 triliun. 

Zona 1 dengan tema Indonesia Klasik 'elegan dan geometri', di antaranya penataan area gerbang utama, renovasi koridor utama Sasono, plaza utara dan selatan, Plaza Gadjah Mada.

Lalu, Tugu Pancasila, Keong Mas, Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo, Sasono Adiguno, Museum Indonesia, dan Lantai 1 gedung pengelola sebagai gerai UMKM. 

Zona 2 dengan tema Arsitektur Nusantara, Tradisi, dan Budaya Sulur di antaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar dalam, Plaza Boulevard Nusantara, amphiteater, dan promenade keliling Danau Archipelego. 

Zona 3 dengan tema Indonesia Kini Modern di antaranya penanganan jalan dan pedestrian kawasan lingkar luar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com