Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2023, Seluruh Jalan Tol di Indonesia Sudah Gunakan Sistem MLFF

Kompas.com - 23/08/2022, 13:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pada akhir tahun 2023 mendatang, seluruh jalan tol di Indonesia diharapkan sudah menerapkan sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Triono Jasmono dalam Podcast Bina Marga Kementerian PUPR pada Senin (22/8/2022).

“Target kita di tahun 2022, sistem MLFF sudah mulai diterapkan di ruas jalan tol secara bertahap. Nantinya, di akhir tahun 2023, seluruh jalan tol di Indonesia sudah menggunakan sistem ini,” ungkap Triono.

Baca juga: Lewat Jalan Tol, Balikpapan-IKN Nantinya Cuma 30 Menit

Menurutnya, penerapan sistem transaksi tol nirsentuh ini bisa menghilangkan antrian seperti yang dialami saat sistem pembayaran elektronik (e-toll) masih berlaku.

“Karena tak perlu ada tapping kartu maka tidak ada sehingga kerugian bisa berkurang atau dihilangkan sama sekali,” papar Triono.

Dikatakan, sistem MLFF yang akan digunakan di Indonesia adalah sistem dengan navigasi satelit dengan teknologi electronic on board unit (EOBU) menggunakan handphone.

Dengan sistem ini, para pengguna jalan bisa menggunakan jalan tol setelah mendaftarkan kendaraan mereka lalu membayar via handphone seperti halnya saat menggunakan aplikasi untuk ojek online.

“Sistem ini kitaterapkan di pembayaran tarif tol sehingga bisa jauh lebih efisien bagi masyarakat. Sumber pembayarannya pun juga bisa macam-macam, mulai dari menggunakan kartu debit, kredit dan lain sebagainya,” jelasnya.

Triono menambahkan dengan penerapan teknologi ini, maka mobil yang masuk ke jalan tol bisa terus melaku tanpa berhenti seperti saat ini untuk melakukan tapping kartu di gerbang tol.

Baca juga: Tol JORR Seksi S dan ATP Siap Uji Coba Transaksi Tanpa Setop Nir-sentuh MLFF

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa meloncat gunakan teknologi yang sangat maju," tandas Triono. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com