Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari 2023, Kota Deltamas Pakai 12 Mobil Listrik untuk Kegiatan Operasional

Kompas.com - 23/08/2022, 16:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Puradelta Lestari selaku pengembang kawasan Kota Deltamas Cikarang bakal memakai 10-12 mobil listrik untuk kegiatan operasional pada Januari 2023.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Presiden Direktur PT Puradelta Lestari Hongky J Nantung, Selasa (23/8/2022).

"Kita harap dalam waktu dekat atau Januari 2023 sudah bisa memakai electric cars," katanya.

Rencananya seluruh mobil listrik yang disediakan akan digunakan secara bergantian pada siang dan malam hari. Kini pengadaannya masih dalam tahap negosiasi.

Upaya ini dilakukan untuk mendukung target emisi nol bersih pada tahun 2060 yang dicanangkan Pemerintah.

Baca juga: Mulai Dibangun, AEON Mall Deltamas Beroperasi Awal 2024

Selain itu, juga bertujuan untuk terus berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih hijau, bersih, dan berkelanjutan.

Sebagai upaya perwujudan cita-cita tersebut, PT Puradelta Lestari baru saja menerima penyerahan motor listrik dari PT HPP Energy Indonesia (HEIN) pada Selasa ini untuk aktivitas perusahaan.

Pengadaan motor listrik merek Honda tipe PCX Electric hasil kerja sama ini dilakukan dalam skema sewa melalui PT Takari Kokoh Sejahtera dalam jangka waktu 1 tahun.

"Sewanya 1 tahun. Nilai leasing-nya kami tidak bisa sebutkan karena special deal antara kami dan partner," tambah Hongky.

Hongky mengatakan pengadaan kali ini masih dalam tahap percobaan sehingga baru menggunakan 10 unit motor listrik.

Baca juga: Sinarmas Land Rilis Ruko Tiga Lantai di BSD City, Dibanderol Rp 2,7 Miliar

Jelasnya, PT Puradelta Lestari akan menyediakan sedikitnya 2 unit charging station di kawasan Kota Deltamas untuk menunjang operasional motor listrik.

Motor listrik ini menggunakan baterai yang diletakkan di dalam kendaraan. Saat daya habis, baterai bisa dicabut dan diletakkan di charging station, lalu diganti dengan yang baru.

Teknologi ini juga dikenal dengan swappable electric motorcycle batteries dan disebut bisa membuat kegiatan pengisian baterai motor listrik lebih efisien.

Motor listrik yang belum dipasarkan secara umum tersebut diklaim bisa digunakan hingga 80 kilometer dalam keadaan baterai penuh.

Tetapi dalam pelaksanaanya dengan berbagai kondisi di lapangan, motor listrik tersebut aman digunakan untuk jarak tempuh sekitar 50 kilometer saat keadaan baterai penuh.

Sebelumnya, Kota Deltamas telah melakukan pemenuhan listrik di Marketing Office yang bersumber dari 100 persen renewable energy.

Ini diwujudkan lewat kerja sama dengan PLN dan penyediannya telah bersertifikat internasional yang bisa didapatkan oleh seluruh tenant industri di Greenland International Industrial Center (GIIC), kawasan Kota Deltamas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com