Kompas.com - 26/07/2022, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merenovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur sejak awal tahun 2022.

Namun tahukah Anda, tempat wisata keluarga yang terkenal dengan replika rumah adat dan Danau Archipelago tersebut telah berusia setengah abad?

Melansir unggahan Twitter resmi Kementerian PUPR @KemenPU, Selasa (26/7/2022), pembangunan TMII dicetuskan oleh Ibu Negara Tien Soeharto pada tahun 1970.

Disebutkan bahwa ide pembangunan TMII muncul setelah Ibu Tien mendampingi Presiden Soeharto berkunjung ke negara-negara sahabat dan melihat obyek wisata di sana.

Ibu Tien terinspirasi dari Disneyland di California, Amerika Serikat saat menemani Presiden Soeharto berkunjung kala itu.

Baca juga: Miniatur dan Anjungan IKN Akan Dibangun di TMII

Sehingga, muncul gagasan untuk membangun taman rekreasi yang menggambarkan keindahan dan keberagaman Indonesia.

TMII mulai dibangun pada tahun 1972 dan diresmikan pada April 1975. Tempat wisata ini dibangun di atas tanah seluas 150 hektar.

Lahan tempat TMII dibangun memiliki topografi agak berbukit. Tak ingin menyia-nyiakan kondisi alami tersebut, perancang memanfaatkan ketinggian tanah dan menciptakan bentang alam.

Tujuannya adalah supaya bisa menggambarkan berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia dengan lanskap yang kaya.

Di TMII, pengunjung tak hanya bisa menikmati wisata kebudayaan, tetapi juga tersedia kereta gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Legenda Keong Emas, dan lainnya.

Baca juga: Basuki Beri Nilai 7 untuk Kualitas Pekerjaan Renovasi TMII

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.