Kompas.com - 28/07/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang baru dari penampilan para jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), yakin atribut tambahan pada seragam dinas.

Atribut tersebut antara lain tongkat komando, baret, dan tanda pangkat yang akan dipakai lengkap bersama dengan pakaian dinas harian (PDH).

"Cuma yang saya ubah, sekarang saya tambahin baret dan stik," ungkap Hadi dalam konferensi pers Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian ATR/BPN Tahun 2022, Rabu (27/7/2022).

Tujuannya adalah komunikasi maupun koordinasi dari Kementerian ATR/BPN dengan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) maupun Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) itu dapat berjalan dengan baik pada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Plus.

Oleh karena itu, dia menyatarakan Kakanwil dengan Kakantah BPN seperti Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Kepala Kepolisian Resor (Kapolres), maupun Komandan Distrik Militer (Dandim).

Baca juga: Ada Hotline, Hadi Minta Pegawai BPN Layani Masyarakat dengan Cepat

"Jadi, saya setarakan, supaya mereka confident (percaya diri) untuk tampil ke depan. Disamping itu kita ingat bahwa (Kementerian) ATR/BPN ini adalah satu institusi yang vertikal," terangnya.

Artinya, apabila diberikan perintah, maka merasa langsung berwibawa. Sehingga, modalnya dinilai mudah.

Maka dari itu, Hadi memberikan atribut baru berupa tongkat komando atau tongkat jabatan agar dapat berkoordinasi dengan Kapolres, Dandim, maupun Kajari, dapat berjalan dengan baik.

Saat ini, kata Hadi, Kementerian ATR/BPN merupakan instansi vertikal yang memiliki kurang lebih 35.000 pegawai.

Adapun pemberian atribut baru ini merupakan bagian dari Rakernas Kementerian ATR/BPN Tahun 2022 ini.

Pada Rakernas ini, Hadi mengumpulkan seluruh pejabat pusat dan daerah ATR/BPN kurang lebih 1.000 orang, termasuk seluruh Kakanwil maupun Kakantah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.