Kompas.com - 27/07/2022, 19:30 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Berlangsungnya gelaran KTT G20, pada November 2022 mendatang dinilai akan memberikan dampak positif pada sektor perhotelan di Bali.

Menurut Vice President, Investment Sales Asia, JLL Hotels & Hospitality Group Julien Naouri kegiatan bertaraf internasional tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel di Bali.

“Banyak kegiatan G20 akan dilaksanakan di Nusa Dua. Tentunya ini akan memberikan keuntungan bagi hotel dan resort di sekitarnya,” ujar Julien dalam paparannya di Second Quarter 2022 Jakarta Property Market Update JLL Indonesia, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Kenapa Okupansi Hotel di Bali Tak Sebaik Kota-kota Besar Lain?

Selain itu, sektor perhotelan di area lain seperti Seminyak dan Ubud juga akan merasakan dampak positif akibat event ini. 

Sampai dengan bulan Mei 2022, Bali sudah dikunjungi oleh 189.790 wisatawan internasional.
Jumlah tersebut diprediksikan akan melonjak hingga 1,5 juta jiwa di akhir tahun 2022 terlebih karena penyelenggaraan event KTT G20.

“Hingga Juni 2022, pendapatan dari hotel di Bali (RevPAR) tercatat meningkat hingga 212 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Ini didorong oleh kenaikan jumlah okupansi,” jelas Julien.

Bahkan pada Juni 2022, RevPAR hotel di Bali bisa mencapai lebih dari 70 persen bila dibandingkan dari nilai sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

“Kondisi saat ini membuat kami memiliki pandangan positif terhadap sektor perhotel di Bali sampai dengan akhir tahun ini,” tegasnya.

Sebagai tambahan, akan ada 4 hotel baru di Bali yang diharapkan bisa selesai di tahun 2022 yakni aloft Hotel Bali Kuta (175 kamar, Tribe Bali Kuta Beach (168 kamar, Jumeirah Bali (123 kamar, dan Buahan, Banyan Tree Escape (16 kamar).

Baca juga: Kenapa Tak Ada Lantai 13 di Hotel dan Pencakar Langit?

Hingga kuartal II tahun 2022, Bali diketahui memiliki 45,382 kamar. Bila empat proyek hotel diatas rampung, maka akan ada tambahan 482 kamar lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.