Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTT G20 Akan Bikin Okupansi Sektor Perhotelan di Bali Naik

Kompas.com - 27/07/2022, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Berlangsungnya gelaran KTT G20, pada November 2022 mendatang dinilai akan memberikan dampak positif pada sektor perhotelan di Bali.

Menurut Vice President, Investment Sales Asia, JLL Hotels & Hospitality Group Julien Naouri kegiatan bertaraf internasional tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan tingkat keterisian kamar atau okupansi hotel di Bali.

“Banyak kegiatan G20 akan dilaksanakan di Nusa Dua. Tentunya ini akan memberikan keuntungan bagi hotel dan resort di sekitarnya,” ujar Julien dalam paparannya di Second Quarter 2022 Jakarta Property Market Update JLL Indonesia, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Kenapa Okupansi Hotel di Bali Tak Sebaik Kota-kota Besar Lain?

Selain itu, sektor perhotelan di area lain seperti Seminyak dan Ubud juga akan merasakan dampak positif akibat event ini. 

Sampai dengan bulan Mei 2022, Bali sudah dikunjungi oleh 189.790 wisatawan internasional.
Jumlah tersebut diprediksikan akan melonjak hingga 1,5 juta jiwa di akhir tahun 2022 terlebih karena penyelenggaraan event KTT G20.

“Hingga Juni 2022, pendapatan dari hotel di Bali (RevPAR) tercatat meningkat hingga 212 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Ini didorong oleh kenaikan jumlah okupansi,” jelas Julien.

Bahkan pada Juni 2022, RevPAR hotel di Bali bisa mencapai lebih dari 70 persen bila dibandingkan dari nilai sebelum terjadinya pandemi Covid-19.

“Kondisi saat ini membuat kami memiliki pandangan positif terhadap sektor perhotel di Bali sampai dengan akhir tahun ini,” tegasnya.

Sebagai tambahan, akan ada 4 hotel baru di Bali yang diharapkan bisa selesai di tahun 2022 yakni aloft Hotel Bali Kuta (175 kamar, Tribe Bali Kuta Beach (168 kamar, Jumeirah Bali (123 kamar, dan Buahan, Banyan Tree Escape (16 kamar).

Baca juga: Kenapa Tak Ada Lantai 13 di Hotel dan Pencakar Langit?

Hingga kuartal II tahun 2022, Bali diketahui memiliki 45,382 kamar. Bila empat proyek hotel diatas rampung, maka akan ada tambahan 482 kamar lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com