Kompas.com - 25/05/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tengah direnovasi untuk menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ASEAN pada Oktober 2022.

Melansir laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (25/5/2022), renovasi tersebut menghabiskan dana sebesar Rp 1,13 triliun.

Renovasi yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, meliputi beberapa jenis pekerjaan mulai dari penataan area gerbang utama, Joglo Sasono Utomo, Sasono Langgeng Budoyo dan Sasono Adiguno.

Dilaporkan saat ini, progres renovasi di beberapa area tersebut telah mencapai 19,69 persen.

Kemudian, renovasi juga dilakukan di area museum, meliputi Museum Theater Garuda, Museum Telkom, dan Museum Keong Mas yang saat ini progresnya mencapai 40,27 persen.

Baca juga: Wajah Baru Pantai Marina Labuan Bajo, Lebih Cantik dan Siap Sambut KTT G20

Dilakukan juga penataan lanskap pedestrian anjungan, viewing tower, Kaca Benggala, dan pembangunan community center yang fisiknya telah mencapai 39,60 persen.

Lalu ada penataan lanskap pulau-pulau di Danau Archipelago yang fisiknya telah mencapai 49,42 persen.

Selain itu, dilakukan juga penataan Outer Ring TMII yang meliputi penataan halte, area parkir, gedung pengelola serta membangun gedung parkir bertingkat.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti menerangkan seluruh kegiatan konstruksi untuk renovasi kawasan TMII dimulai sejak Januari 2022 dan ditargetkan rampung pada bulan September.

"Targetnya September 2022 bisa selesai, sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal pada perhelatan KTT G20,” ujar Diana.

Baca juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diuji Coba November Saat Presidensi G20

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.