Jebolnya Tanggul Laut Pekalongan dan Bencana yang "Disengaja"

Kompas.com - 25/05/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wilayah pesisir Semarang dan Pekalongan di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) tengah dilanda bencana banjir rob pada awal pekan ini.

Adalah tanggul laut Tambak Mulyo di Semarang yang jebol pada Senin (23/5/2022) dan tanggul Sungai Meduri di Pekalongan yang jebol pada Selasa (24/5/2022).

Bencana ini mengakibatkan kelumpuhan aktivitas masyarakat yang rumahnya terendam banjir karena air mencapai setinggi paha orang dewasa.

Saking parahnya, banjir ini bahkan mengganggu arus Jalan Pantai Utara (Pantura) Semarang-Demak (Sayung).

Adapun bencana banjir rob memang sering terjadi bahkan menjadi bencana langganan di wilayah pesisir utara Jateng.

Baca juga: Pemprov DKI Minta Tanggul Laut Raksasa Dikaji Ulang, Mengapa?

Manajer Advokasi dan Kampanye Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jateng Iqbal Alma mengatakan, bencana ini seakan seperti diundang oleh manusia, khususnya para pemangku kebijakan.

"Rob yang terjadi bukanlah suatu kiriman Tuhan yang terjadi begitu saja atau tiba-tiba. Bencana ini lahir dari proses panjang eksploitasi manusia terhadap lingkungannya," kata Iqbal dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

Menurut Iqbal, sejumlah pembangunan infrastruktur menjadi penyebab kerusakan sosial-ekologis di wilayah pesisir Jateng tersebut terjadi.

Selain itu, terjadi pula banyak perubahan lanskap wilayah pesisir yang menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan.

"Kondisi tanah yang di beberapa wilayah adalah tanah sedimen dan tanah lunak dengan beban berat bangunan di wilayahnya turut menjadi sebab penurunan muka air tanah selain karena penggunaan air tanah yang berlebih," tambah Iqbal.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Kondisi Tanah Pekalongan Lebih Gawat ketimbang Jakarta

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.