Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diuji Coba November Saat Presidensi G20

Kompas.com - 07/04/2022, 19:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan dilakukan pada November 2022 bertepatan dengan perhelatan Presidensi G20.

"Pada November 2022, saat perhelatan G20, KCJB akan bereksperimen memulai uji coba pengoperasian, sehingga menimbulkan semangat bahwa semua sesuai proses," kata Ridwan Kamil seperti dikutip Antaranews, Kamis (07/04/2022). 

Menurutnya, pembangunan KCJB telah sesuai target dengan progres mencapai 80 persen. 

Baca juga: Bakal Diuji Coba Februari 2023, Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dikebut

"November 2022 warga Jawa Barat bisa melihat kereta api cepat terlihat di lapangan bolak-balik di atas rel dan akan dipamerkan di perhelatan G20," ujarnya.

Dengan progres yang ada, maka beberapa daerah yang terdampak proses pembangunan KCJB ini harus turut serta membantu mencari investor.

Hal ini karena keberadaan KCJB merupakan upaya untuk memajukan derah khususnya di Bandung Raya. 

"Tolong dicatat, kereta api cepat ini fungsinya ada dua, satu alat transportasi, kedua alat pertumbuhan wilayah. Ada stasiun akan tumbuh perkembangan di situ, sehingga masyarakat bisa tinggal di Walini, di Tegalluar. Nah, opsi itu menjadi mungkin," Ridwan.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan hingga saat ini pemasangan tunnel proyek KCJB sudah hampir selesai. 

"Tinggal menyelesaikan errection girder box. Jadi, saat ini sudah melintasi kilometer 145, ke arah Tegalluar, Cileunyi. Dan itu memang kemarin agak lama di bawahnya ada jalan tol, sehingga kita harus hati-hati," kata Dwiyana. 

Selanjutnya, akan dilakukan pemasangan rel dengan menggunakan teknologi dan mesin khusus. 

"Untuk pemasangan rel akan menggunakan teknologi dan memakai mesin, jadi lebih cepat enggak seperti kereta api biasa yang menggunakan cara konvensional," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan beroperasional pertengahan tahun 2023 atau tepatnya Juni.

"Dan kemudian pada bulan Juni tahun 2023 bisa kita operasionalkan," jelas Jokowi saat meninjau tunnel (terowongan) 2 proyek tersebut, Senin (17/01/2022).

Sementara uji coba operasional proyek KCJB diharapkan dapat dilakukan pada akhir tahun 2022.

Jokowi menegaskan pembangunan KCJB harus dilaksanakan secara hati-hati agar tidak merusak struktur tanah di sekitarnya. 

Dia juga berharap, selesainya proyek KCJB dapat mengurangi kemacetan, baik di Jakarta maupun Bandung.

Selain itu, mampu mempercepat mobilitas orang dan barang agar menjadi daya saing yang baik bagi Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com