Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi GT Palimanan Ditiadakan, Berlaku Tarif Tol Kumulatif hingga GT Kalikangkung

Kompas.com - 24/04/2022, 18:01 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Astra Tol Cipali sepakat meniadakan transaksi kendaraan di Gerbang Tol (GT) Palimanan Utama, Cirebon.

Aturan tersebut mulai berlaku 22 April hingga selama masa mudik Lebaran 2022.

General Manager Operation Astra Tol Cipali Suyitno mengatakan sejak diberlakukan uji coba pengalihan transaksi gerbang tol Palimanan pada 22 April 2022 mulai pukul 06.00 WIB, kondisi arus lalu lintas ruas Tol Cipali berjalan lancar.

"Pengalihan transaksi GT Palimanan ke gerbang berikutnya pada saat pelayanan lajur Lebaran 2022 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan untuk mempercepat waktu tempuh di jalan tol," kata Suyitno dalam keterangannya, Minggu (24/04/2022).

Tarif kumulatif GT Cikampek-GT Kalikangkung

Dengan adanya penggabungan tarif karena dialihkannya transaksi dari GT Palimanan, maka jumlah tarif kumulatif yang akan dikenakan kepada pengguna jalan dari GT Cikampek Utama sampai dengan GT Kalikangkung adalah Rp 357.500.

Baca juga: Merapah Trans-Jawa 2022 Resmi Dimulai, Lintasi 867 Kilometer Jalan Tol di Empat Provinsi

Sementara itu, besaran tarif untuk pengguna jalan dari GT Kalikangkung sampai dengan GT Cikampek Utama adalah Rp 372.000. Jumlah tarif ini sudah termasuk tarif terjauh untuk Jalan Tol Cipali sebesar Rp 119.000

Astra Tol Cipali menyiapkan fasilitas maksimal saat libur Lebaran. Khususnya fasilitas yang ada di 8 rest area sepanjang ruas tol Cipali.

Untuk melayani pengguna jalan saat beristirahat, disediakan fasilitas toilet gratis dan penambahan portable toilet.

Guna memberikan pelayanan yang maksimal di kala libur, petugas layanan lalu lintas Astra Tol Cipali selalu siaga 24 jam dalam membantu para pengguna jalan.

Tidak hanya itu, agar perjalanan para pengguna jalan senantiasa lancar, aman dan nyaman, Astra Tol Cipali terus memberikan update informasi terkait lalu lintas Tol Cipali melalui berbagi media informasi yang tersebar di sepanjang Tol Cipali seperti Variable Message Sign (VMS) juga melalui platform media sosial twitter dan instagram @astratolcipali.

ASTRA Tol Cipali juga mengimbau pengguna jalan untuk selalu tertib selama berkendara di Tol Cipali.

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, Astra Tol Cipali selalu mengimbau untuk berkendara dengan batas kecepatan minimal 60 kilometer per jam dan batas maksimal 100 kilometer per jam. Pada kondisi penghujan batas kecepatan maksimal 70 kilometer per jam.

Diketahui, H-9 Lebaran atau Sabtu, 23 April 2022, terdapat sebanyak 46.687 kendaraan yang melalui Jalan Tol Cipali.

Jumlah kendaraan tersebut naik sebesar 26 persen dibandingkan lalu lintas harian. Sementara itu, Minggu, 24 April 2022, lalu lintas kendaraan yang melewati Tol Cipali pun terpantau ramai dengan data yang tercatat hingga shift 1 sebanyak 19.178 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com