Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Wajibkan Pengelola Hotel Kurangi Tingkat Emisi Tahun 2030

Kompas.com - 21/03/2022, 18:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Hotel Singapura (SHA) dan Badan Pariwisata Singapura (STB) meluncurkan road map mengenai hotel keberlanjutan di negara tersebut pada Senin (21/3/2022).

Seperti dikutip dari Channel News Asia, ada dua target utama yang ingin dicapai dalam industri ini. Yang pertama, hotel-hotel di Singapura harus mengurangi emisi pada tahun 2030.

Tujuan jangka panjangnya adalah agar seluruh hotel bisa mencapai tingkat emisi nol pada tahun 2050.

Target kedua adalah di tahun 2025, 60 persen kamar hotel di Singapura harus memiliki sertifikasi keberlanjutan hotel yang diakui secara internasional.

Road Map ini telah menetapkan target dan strategi yang jelas untuk diadopsi oleh setiap hotel saat ingin menerapkan konsep keberlanjutan.

Baca juga: Kondisi Membaik, Okupansi Hotel di Cianjur Tunjukkan Sinyal Positif

Menteri Negara urusan Perdagangan dan Industri Singapura, Alvin Tan mengatakan road map ini merupakan puncak kemitraan pemerintah dan swasta di bawah Komite Keberlanjutan Hotel (HSC) SHA.

"Peta jalan keberlanjutan hotel memetakan visi keberlanjutan industri yang jelas," kata Alvin."Tujuan kami adalah membantu para pengusaha hotel menjadikan keberlanjutan sebagai bagian integral dari operasional mereka."

Pembuatan road map ini ini didukung oleh HSC, yang dibentuk untuk mendorong praktik keberlanjutan di seluruh industri hotel di Singapura.

Baca juga: Pullman, Hotel Bintang Lima Pertama di Mandalika, Lihat Fasilitasnya

Untuk membantu hotel mencapai target tersebut, roadmap  ini telah menjabarkan empat strategi dan inisiatif.

Yang pertama adalah meningkatkan standar keberlanjutan dan berjuang menuju sertifikasi keberlanjutan yang diakui secara internasional melalui sejumlah solusi.

Kemudian pihak hotel harus melakukan test-bedding dan mengadopsi solusi berkelanjutan yang inovatif serta mengembangkan konsep dan pengalaman hotel berkelanjutan.

Pihak hotel juga harus meningkatkan kesadaran akan upaya keberlanjutan industri dan mempromosikan kebiasaan konsumsi berkelanjutan kepada tamu hotel.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com