Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Ini Dilapisi Fasad Ratusan Rumah Burung, Tarifnya Rp 17 Juta Per Malam

Kompas.com - 10/03/2022, 22:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM - Rumah burung biasanya dibangun sebagai tempat persinggahan burung-burung liar dan diletakan pada bagian halaman rumah atau gedung.

Namun hotel di Lapland, Swedia, yang bernama Treehotel justru menggunakan rumah burung sebagai fasad di salah satu kamar mereka.

Treehotel telah dikenal sebagai hotel yang menawarkan beragam pilihan kamar berupa rumah pohon dengan desain yang unik.

Pihak hotel baru saja meluncurkan rumah pohon terbaru mereka, Biosphere, yang memiliki fasad berupa 350 buah rumah burung.

Baca juga: Intip 5 Provinsi dengan Jumlah Hotel Bintang Terbanyak di Indonesia

Pemilik Treehotel, Kent dan Britta Lindvall, membangun Treehotel pada tahun 2010 dengan desain modern namun tetap mempertimbangkan lingkungan.

Untuk membangun unit kamar terbarunya yakni Biosphere, Treehotel berkolaborasi dengan firma arsitek Denmark, Bjarke Ingels Group (BIG) serta para ahli burung lokal.

Rumah pohon ini bisa diakses melalui jembatan gantung. Mereka yang tinggal di dalam unit seluar 34 meter persegi ini dapat menikmati interior beraksen hitam dan abu-abu sambil menatap keluar jendela dan menyaksikan aktivitas burung-burung yang singgah.

Bagi mereka yang menginginkan pemandangan hutan dan Sungai Luleå yang lebih tinggi, Biosphere memiliki teras atap dengan pemandangan 360 derajat.

Terletak di desa Harads, Swedia utara, Treehotel hanya berjarak 1 jam berkendara mobil dari bandara Lulea, di mana dapat ditempuh dengan satu jam penerbangan dari Stockholm.

Direncanakan untuk dibuka pada bulan Mei mendatang, Biosphere bisa ditinggali oleh dua orang dan biaya per malamnya adalah sekitar 1.200 Dolar AS (Rp 17,1 juta), sudah termasuk sarapan.

Bagian fasad Biosphere akan menampung 350 rumah burung berbagai ukuran, baik yang besar dan kecil. Ada juga rumah untuk lebah dan kelelawar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com