Ada Jembatan Gantung Girpasang, Warga Kini Tak Perlu Naik-Turun Jurang

Kompas.com - 21/01/2022, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga sekitar Dusun Girpasang, Kelurahan Tegalmulyo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, kini tak perlu naik turun jurang untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Sebab, kini telah hadir Jembatan Gantung Girpasang yang dibangun Kementerian PUPR dan telah diresmikan pada Kamis (20/01/2022).

Jembatan sepanjang 120 meter dengan lebar 1,8 meter ini dibangun untuk menghubungkan Dusun Beringin dengan Dusun Girpasang yang dulu aksesnya terisolir.

Sehingga kini dengan adanya Jembatan Gantung Girpasang, masyarakat dapat menghemat waktu tempuh yang semula 15-30 menit menjadi 3-5 menit.

Baca juga: Jembatan KW 6 Karawang Ambles, Pembenahan Akan Dilakukan Segera

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, hadirnya jembatan gantung akan mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat pedesaan.

"Terutama dalam beraktivitas menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga," ujar Basuki dalam keterangan pers, Kamis (20/01/2022).

Sementara itu, Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita menjelaskan, sebelum ada jembatan gantung ini, akses Dusun Girpasang dilalui dengan jalan setapak naik turun jurang sedalam 150 meter dan 1.001 anak tangga.

Jembatan Gantung GirpasangDok. Kementerian PUPR Jembatan Gantung Girpasang
Kondisi tersebut juga mengakibatkan keterbatasan mobilisasi barang karena memanfaatkan alat transportasi berupa gondola kayu sederhana yang digunakan untuk mengangkut pakan ternak maupun hasil bumi penduduk setempat.

"Dengan adanya jembatan ini mempermudah mobilitas masyarakat Tegalmulyo sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat," ujar Yudha Handita.

Selain membuka akses, Jembatan Gantung Girpasang juga dapat menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal. Ditambah dengan adanya gondola untuk alat angkut orang yang dibangun pada tahun 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.