Kompas.com - 21/01/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah secara resmi telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) menjadi Undang-Undang (UU).

Dengan disahkannya RUU tersebut, maka rencana ibu kota pindah ke Penajam Paser Utara Kalimantan Timur akan menjadi kenyataan.

Menanggapi hal itu, Ketua Pokja IKN-REI Soelaeman Soemawinata berharap pemerintah segera membuat aturan turunan dari UU IKN.

Menurutnya dengan aturan turunan tersebut dapat menjadi gambaran terutama bagi para pengembang yang akan terlibat membangun kawasan hunian di IKN.

Baca juga: Pemerintah Jadikan Alam Sutera dan BSD City Rujukan Bangun IKN, Apa yang Dipelajari?

"Pemerintah, saya kira harus langsung membuat regulasi atau aturan turunan UU IKN agar dapat menjadi gambaran untuk berbagai pihak salah satunya para pengembang perumahan," kata Soelaeman kepada Kompas.com, Kamis (20/01/2022).

Selain itu, pemerintah juga didorong untuk dapat membuat urban design guidelines (UDGL) yang akan menjadi referensi terutama bagi swasta.

"Jadi aturan harus diturunkan sampai ke level teknis. Lalu UDGL juga kan dibutuhkan oleh swasta yang mau membangun," jelasnya.

REI mengaku siap terlibat dalam pembangunan IKN Nusantara. Hanya, masih menunggu aturan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaannya.

Namun, sebelum itu terlaksana, ada tiga hal yang mesti dilakukan pemerintah yaitu pertama membuat aturan turunan dan teknisnya.

Kedua, insentif pajak dan lainnya, serta ketiga perjelas proses perizinannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.