Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan KW 6 Karawang Ambles, Pembenahan Akan Dilakukan Segera

Kompas.com - 17/01/2022, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jembatan KW 6 atau Jembatan Kepuh di Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang Baru dilaporkan ambles pada Sabtu (15/1/2022).

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com, Senin (17/1/2022), jembatan yang baru diresmikan dua bulan yang lalu tersebut menelan anggaran sebesar Rp 10 miliar.

Adapun bagian jembatan yang ambles adalah pada sisi dekat saluran irigasi sepanjang 200 meter.

Material jembatan yang menempel di bagian saluran irigasi ini longsor yang akhirnya menyebabkan konstruksi jembatan ikut ambles dan rusak.

Terkait hal ini, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan pembenahan infrastruktur Jembatan KW 6 akan dilaksanakan segera pada tahun 2022 ini.

Baca juga: Terpanjang di Indonesia, Bentang Jembatan Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso Bakal Jadi Ikon Baru

Lebih lanjut, Bupati Karawang juga akan memantau penanganan jembatan ambles tersebut dan meminta pertanggungjawaban dari pihak ketiga.

"Saya minta pihak ketiga mempertanggungjawabkannya. Sehingga tidak menjadi opini yang tidak baik terhadap Pemda Karawang," jelas Cellica.

Selain jembatan, Cellica menyebutkan, pembenahan infrastruktur lainnya adalah akses tol Karawang Barat dan Karawang Timur yang membutuhkan izin khusus dari Kementerian PUPR.

Bupati Karawang berharap tahun 2024 tidak ada lagi jalan yang tidak layak di Kabupaten Karawang.

Untuk diketahui, Jembatan KW 6 Karawang memiliki panjang 43,5 meter dengan lebar 7 meter.

Jembatan ini telah menjadi jalur alternatif ke obyek wisata sejarah Rawagede sekaligus difungsikan untuk mendukung kebangkitan ekonomi masyarakat sekitar.

 

Editor: Abba Gabrilin

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Jembatan Senilai Rp 10 Miliar yang Baru Diresmikan Bupati Karawang Amblas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com