Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Daan Mogot Sering Macet, Pemkot Tangerang Bangun Dua Jembatan

Kompas.com - 04/01/2022, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang telah membangun dua jembatan yakni Mookervaart I dan II.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, kedua jembatan ini dibangun untuk mengurai kemacetan di Jalan Daan Mogot.

"Ada dua jembatan baru yang dibangun, memotong Kali Mookervaart dan menghubungkan Jalan Daan Mogot dan Jalan Lio Baru," terang Arief dikutip dari Antara, Selasa (4/1/2022).

Dia mengungkapkan, rekayasa lalu lintas (lalin) akan dilakukan dalam menyelesaikan masalah kemacetan karena volume kendaraan yang melintas di jalan tersebut cenderung besar.

"Hal ini merupakan ikhtiar Pemkot Tangerang dalam mencari solusi untuk permasalahan kemacetan yang kerap terjadi, terlebih di Jalan Pembangunan dari arah bandara yang ingin ke Jalan Daan Mogot, macet panjang biasanya kalau sore," lanjut dia.

Arief mengungkapkan, kedua jembatan yang dibangun ini sudah rampung dikerjakan. Namun, baru akan dibuka jika rekayasa lalin di Daan Mogot dan Jalan Lio Baru sudah final.

Baca juga: Jamin Keamanan Pengendara, Utah Sediakan Jembatan Penyeberangan Hewan

"Jembatannya sudah selesai, tinggal menunggu final rekayasa lalinnya, termasuk lokasi menuju Toll JORR 2. Semoga bisa segera kita lakukan rekayasa lalin agar kemacetan bisa segera teratasi," tambah Arief.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang Decky Priambodo menjelaskan, Jembatan Mookervaart I dibangun sepanjang 30 meter dan lebar 20 meter.

Sedangkan, Jembatan Mookervaart II membentang 40 meter dengan lebar 20 meter dengan menyediakan dua lajur lalin.

Decky memohon dukungan dari masyarakat sehingga program yang telah dicanangkan oleh Pemkot Tangerang dapat terlaksana dengan baik dan segera dimanfaatkan.

"Mohon maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan ini menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas warga," tutur Decky.

Sebagai informasi, Pemkot Tangerang juga telah melaksanakan peningkatan pembangunan jembatan di beberapa wilayah.

Antara lain, Jembatan Cibodas Raya Ujung, Jembatan Perbatasan RW 04 dan RW 05 Kelurahan Pabuaran, Jembatan Kali Afut Cipondoh Indah, Jembatan Kali Bawah Cipondoh Indah, Jembatan Kali Cantiga di Jalan Inpres, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com