Agar Tidak Lekas Lapuk, Bersihkan Lantai Kayu dengan Cara Ini

Kompas.com - 21/01/2022, 06:30 WIB
Ilustrasi lantai kayu, penggunaan lantai kayu di rumah. UNSPLASH/COLLOV HOME DESIGNIlustrasi lantai kayu, penggunaan lantai kayu di rumah.

KOMPAS.com - Untuk memberikan nuansa vintage atau kehangatan di rumah, lantai kayu bisa menjadi pilihan desain interior. Lantai jenis ini menawarkan penampilan permukaan cokelat berkilau yang indah.

Sama halnya dengan lantai dari material lain, lantai kayu juga memerlukan perawatan dan cara pembersihan yang tepat agar lebih tahan lama.

Dilansir dari Architectural Digest, Kamis (20/1/2022), beberapa ahli memberikan tips terkait hal ini agar lantai kayu di rumah Anda tetap terlihat seperti baru. Simak langkah-langkahnya berikut:

Vakum lantai secara rutin

Membersihkan lantai kayu dari puing-puing kotoran, seperti pasir dan elemen lainnya adalah kunci untuk menghindari goresan pada lantai kayu.

Baca juga: Rawat Lantai Vinyl Agar Tetap Awet dengan Trik Ini

“Jika ada puing-puing di lantai kayu, dan Anda berjalan menyeberang, itu seperti amplas di bagian bawah sepatu Anda. Itu bisa merusak atau menggores permukaan itu,” jelas wakil presiden standar teknis, pelatihan dan sertifikasi di National Wood Flooring Association Brett Miller.

Oleh karena itu, cobalah untuk menyapu lantai setiap hari dan dilanjutkan dengan mengelapnya menggunakan pel kering atau pel debu.

Bahkan akan lebih baik jika Anda menggunakan pel atau kain microfiber.

Namun, untuk membantu mengangkat partikel halus yang mungkin terlewatkan, Anda bisa menggunakan alat penyedot debu.

Ini membantu untuk menarik debu dan kotoran dari celah papan lantai kayu.

Identifikasi produk pembersih lantai yang tepat

Untuk hal ini, para ahli menyarankan agar mengikuti rekomendasi yang diberikan oleh produsen lantai kayu Anda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.