Kompas.com - 18/01/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com Humidifier adalah perabotan yang digunakan untuk melembapkan udara di dalam ruangan. Alat ini juga bisa membantu rumah agar terasa lebih hangat, meredakan alergi bahkan mempersehat tanaman hias.

Sebagai upaya untuk menjaga agar usia pemakaian humidifier dapat bertahan lama, beberapa perawatan harus dilakukan, misalnya dengan rutin mengganti sumbu humidifier setiap 3 bulan sekali atau bahkan lebih awal.

Dilansir dari The Spruce, Senin (17/1/2022), sumbu humidifier harus rutin diganti karena selama beroperasi alat ini menarik udara dan mengembalikannya ke ruangan sebagai kabut dingin maupun hangat, bergantung pada jenis humidifier yang dimiliki.

Selama proses tersebut, debu serta partikel lain menjadi terperangkap secara permanen dalam sumbu humidifier.

Baca juga: Nggak Ribet, Ini Cara Gampang Bikin Ruangan Adem Tanpa AC

Sehingga, semakin lama humidifier digunakan, debu dan partikel dapat menyumbat sumbu dan menghambat kinerja akat pelembap ruangan ini. Akibatnya, unit akan bekerja jauh lebih keras dan menjadi tidak efisien.

Selain itu, membersihkan area yang dekat dengan letak humidifier turut membantu pengguna untuk memperpanjang usia pemakaian humidifier.

Sementara itu, terdapat beberapa langkah untuk membersihkan humidifier yang direkomendasikan. Adapun langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sanitasi tangki humidifier

Tangki humidifier harus disanitasi untuk menyingkirkan patogen berbahaya. Caranya adalah dengan mengosongkan air pada tangki humidifier.

Selanjutnya, buat larutan pemutih dan air sebagai disinfektan dan tuangkan larutan ke dalam tangki humidifier.

Setelah didiamkan sekitar 20 menit, kosongkan tangki air dan bilas dengan air jernih hingga bersih dan keringkan dengan kain lembut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.