Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Furnitur Rotan Agar Lebih Tahan Lama

Kompas.com - 30/12/2021, 20:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.comFurnitur berbahan dasar rotan telah menjadi pilihan perabotan di dalam maupun di luar rumah.

Selain ramah lingkungan dan memberikan nuansa alam pada desain rumah, furnitur rotan juga memiliki potongan ringan dan terkenal lebih tahan lama.

Kendati demikian, bukan berarti rotan tidak akan menjadi rapuh atau rusak jika terkena panas atau lembab, terlebih jika furnitur rotan diletakkan di luar ruangan.

Karenanya, memberikan sedikit perawatan kebersihan untuk furnitur rotan di rumah Anda bisa sekaligus menjadi investasi pada pemakaian perabotan jangka panjang.

Terlebih, teknik konstruksi yang digunakan untuk membuat perabotan dari rotan bisa menimbulkan banyak sudut dan celah yang mampu menampung debu dan kotoran.

Dilansir dari The Spruce, Kamis (30/12/2021), perabotan rotan harus dibersihkan setiap minggu dan bulan, serta pembersihan secara menyeluruh setiap tahun.

Tips membersihkan furnitur rotan

Untuk pembersihan mingguan guna menghapus debu, gunakan lap mikrofiber atau gunakan penyedot debu pada seluruh permukaan.

Penting untuk diingat bahwa noda yang ditimbulkan dari tumpahan makanan dan minuman harus dibersihkan sesegara mungkin sebelum noda mengendap ke serat rotan.

Gunakan pisau tumpul untuk mengangkat kotoran dari celah-celah rotan lalu lap furnitur rotan menggunakan kain mikrofiber basah dan biarkan mengering dengan sendirinya.

Sedangkan untuk larutan pembersihnya, campurkan sabun pencuci piring sebanyak satu tetes pada kain pembersih dan bilas menggunakan kain yang dibasahi dengan air bersih.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi untuk menghilangkan kotoran dan noda yang terdapat pada rotan.

Lebih lanjut, guna memberikan kebersihan furnitur secara menyeluruh, Anda perlu melakukan pembersihan bulanan untuk furnitur rotan.

Adapun caranya adalah dengan mencampur empat cangkir air hangat dengan satu sendok teh cairan pencuci piring ke dalam ember. Setelah itu, lap seluruh permukaan furnitur rotan.

Agar lebih cepat kering dan tidak menimbulkan jamur, pastikan untuk tidak membiarkan rotan menjadi terlalu basah.

Anda juga bisa menggunakan sikat gigi untuk menggosok kotoran padat yang tertinggal di furnitur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com