Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2022, 11:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun belakangan ini, minat masyarakat terkait isu lingkungan diketahui semakin meningkat.

Hal ini mungkin disebabkan karena pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia pada dua tahun terakhir dan menuntut manusia untuk hidup lebih sehat.

Dilansir dari 4hoteliers, Senin (17/1/2022), studi yang dilakukan oleh Southern Cross University tahun 2019 menunjukkan 93 persen sampel penelitian menunjukkan kepedulian umum mereka terhadap lingkungan.

Tidak hanya itu, sebanyak 77 persen sampel menunjukkan bahwa mereka memiliki keinginan untuk belajar mengenai hidup berkelanjutan.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Hotel dan Motel

Minat ini tidak hanya muncul untuk penerapan pada kehidupan sehari-hari, tetapi juga perjalanan dan perhotelan.

Tercatat sebanyak 81 persen orang menyukai membeli sesuatu dari bisnis yang berkelanjutan. Menggunakan layanan yang sesuai dengan nilai pribadi seseorang, maka mereka akan merasa telah melakukan sesuatu yang baik.

Selain itu, studi belum lama ini yang dilakukan oleh perusahaan perjalanan Virtuoso menunjukkan sebanyak 82 persen orang yang disurvei mengatakan bahwa pandemi telah membuat mereka ingin melakukan perjalanan dengan lebih bertanggung jawab kepada lingkungan di masa yang akan datang.

Lebih lanjut, sebanyak 72 persen informan mengatakan bahwa perjalanan harus mendukung komunitas dan ekonomi lokal, melestarikan warisan budaya dan ramah lingkungan.

Bahkan, studi oleh Expedia Group memaparkan sebanyak 59 persen informan mereka bersedia untuk membayar biaya lebih tinggi pada perjalanan yang lebih berkelanjutan.

Ini turut menjadi hal penting dalam sebuah bisnis karena bukan hanya bisa memberikan tanggung jawab pada lingkungan, tetapi juga dapat menghemat pengeluaran karena aksi ramah lingkungan mencakup pengurangan konsumsi energi dan air bersih.

Lantas, apa langkah yang bisa diambil untuk membuat hotel lebih berkelanjutan? Ini beberapa tips yang dapat diadopsi oleh para pengelola hotel:

1. Beralih ke lampu LED, memaksimalkan pencahayaan alami dan menggunakan peralatan dapur serta binatu hemat energi,

2. Pasang aliran air dengan tingkatan yang rendah pada shower, toilet dan wastafel untuk membatasi limbah air,

3. Beralih ke perlengkapan kamar mandi yang ramah lingkungan, terbuat dari bahan alami dan organik dengan klaim mudah terurai atau dapat didaur ulang,

4. Memasang dispenser sampo dan sabun isi ulang di kamar mandi dibandingkan dengan perlengkapan satuan yang diberikan pada setiap pengunjung,

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com