Kompas.com - 26/10/2021, 18:30 WIB
Pemberian pinjaman ini diwujudkan dengan penandatangan perjanjian kerja sama oleh Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dengan Wakil Direktur Utama BTN Nixon L P Napitupulu, Selasa (26/10/2021). Dok. PT Sarana Multigriya Finansial (SMF).Pemberian pinjaman ini diwujudkan dengan penandatangan perjanjian kerja sama oleh Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dengan Wakil Direktur Utama BTN Nixon L P Napitupulu, Selasa (26/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) mengalirkan dana pinjaman subordinasi sebesar Rp 1,5 triliun kepada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN.

Pinjaman subordinasi tersebut berjangka waktu selama 5 tahun dengan suku bunga fixed (tetap).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tujuan diberikannya pinjaman subordinasi dari SMF kepda BTN adalah demi meningkatkan permodalan BTN untuk meningkatkan perannya sebagai kontributor utama dalam pembiayaan perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Pemberian pinjaman ini diwujudkan dengan penandatangan perjanjian kerja sama oleh Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo dengan Wakil Direktur Utama BTN Nixon L P Napitupulu, Selasa (26/10/2021).

Ananta mengatakan, kerja sama penyaluran pinjaman ini merupakan bentuk dukungan SMF kepada BTN yang merupakan mitra strategisnya sejak tahun 2006.

“Kami berharap pinjaman ini dapat menjadi bagian dari upaya dalam mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), khususnya sektor perumahan," ungkap Ananta dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/10/2021).

Sehingga, BTN mampu meningkatkan kontribusinya dalam mendukung Program Sejuta Rumah (PSR).

Baca juga: Dukung Program HOME, SMF Guyur PNM Rp 2 Trilun

Sementara Nixon menjelaskan, pinjaman subordinasi dari SMF akan mendukung penguatan permodalan perseroaan, khususnya modal tier II.

Dengan modal yang kuat, BTN akan lebih ekspansif mengalirkan bantuan ke pembiayaan properti.

“Rasio Kecukupan Modal atau CAR BTN dengan adanya pinjaman subordinasi ini akan mencapai 18-19 persen. Sesuai esuai dengan target kami, fundamental yang kuat akan membuat perusahaan lebih ekspansif,” paparnya.

Menurut Nixon, pinjaman subordinasi ini akan memperkuat upaya BTN dalam menjalankan perannya sebagai penyedia pembiayaan perumahan bagi MBR.

Nixon optimistis, sektor properti akan terus tumbuh dan berdampak pada 176 sektor usaha turunannya.

"Dengan tumbuhnya sektor properti, maka akan mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” tutup Nixon

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.