Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMF Terbitkan EBA-SP Rp 1 Triliun Semester II-2021

Kompas.com - 07/08/2021, 12:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF akan menerbitkan kembali Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) mencapai Rp 1 triliun pada Semester II-2021

"Pada tahun ini Perseroan berencana untuk menerbitkan kembali Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) sampai dengan Rp 1 triliun dengan target rating AAA," kata Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF Ananta Wiyogo dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/8/2021).

Menurutnya, EBA-SP merupakan produk investasi dengan model sekuritisasi aset dengan tingkat risiko yang terbilang jauh lebih baik karena berbasis portofolio aset.

Baca juga: Bangkitkan Sektor Pariwisata, SMF Genjot Pembiayaan Homestay

EBA-SP tersebut memiliki underlying kumpulan tagihan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang memenuhi 32 kriteria seleksi sehingga aman bagi investor.

Dengan adanya EBA-SP ini, dia berharap sekuritisasi aset dapat mendukung penyaluran dana bagi pembiayaan perumahan untuk mendorong bangkitnya industri perumahan nasional.

Selain EBA-SP yang merupakan instrumen untuk investor korporasi, perseroan juga memiliki produk investasi fixed income yang diperuntukan kepada investor retail yaitu EBA Ritel dengan kupon menarik dan memiliki rating idAAA.

Produk ini diharapkan dapat menambah pilihan instrumen investasi bagi investor pasar modal di Indonesia.

Baca juga: Dukung Pembiayaan KPR, SMF Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun Sepanjang Semester I

"Kami secara aktif telah melakukan sosialisasi dan edukasi EBA-SP dan EBA Ritel kepada para pemangku kepentingan, baik di lintas lembaga maupun masyarakat umum secara daring," tutur Ananta.

Hal ini dilakukan guna memupuk kesadaran berinvestasi pasar modal baik untuk pangsa pasar korporasi maupun ritel yang menyasar generasi millennial.

Selain kegiatan sosialisasi, perseroan juga kerap memberikan promo menarik disetiap bulan yang diperuntukkan bagi investor baru maupun investor existing yang berinvestasi di EBA Ritel.

Sebelumnya diberitakan, PT SMF mencatatkan kinerja positifnya di tengah pandemi Covid-19 pada Semester I-2021.

Laba bersih perseroan mencapai Rp 310 miliar atau tumbuh 27,57 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Perseroan mencatat total aset Rp 31,95 triliun. Angka ini naik 8,97 persen dari posisi yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 29,32 triliun.

Baca juga: SMF Siap Tingkatkan Porsi Pendanaan KPR FLPP 40 Persen

Sementara total liabilitas dan dana syirkah temporer mencapai Rp 20,21 triliun atau tumbuh 1,84 persen dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 19,84 triliun.

Kemudian total ekuitas perusahaan pada periode ini berada pada angka Rp 11,73 triliun atau tumbuh 23,90 persen dibandingkan Semester I-2020 sebesar Rp 9,47 triliun.

Untuk beban pajak dan Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) sebesar Rp 893 miliar atau tumbuh 1,48 persen dibanding periode sama tahun lalu mencapai Rp 880 miliar.

Pendapatan perusahaan juga tumbuh 7,22 persen atau sebesar Rp 1,20 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,12 triliun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com